04 November 2019, 17:05 WIB

Idham Azis Komit Tuntaskan Kasus Novel Baswedan


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

MI/SUSANTO
 MI/SUSANTO
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kiri) dan KPK Agus Raharjo di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (4/11).

KAPOLRI Jendral Idham Azis menegaskan dirinya tetap berkomitmen untuk menyelesaikan kasus peyiraman air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Komitmen tersebut disampaikannya usai melakukan silaturahmi ke pimpinan KPK Agus Rahardjo.

"Komitmennya adalah secepatnya akan mengungkap baik kasus novel maupun kasus-kasus yang menjadi atensi yang terjadi di KPK," kata Idham di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (4/11).

Idham mengatakan akan secepatnya menunjuk Kabareskrim terlebih dahulu untuk menyelesaikan kasus Novel.

"Namun di dalam Polri itu ada yang namanya Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi). Wanjakti ini dewan kebijaksanaan tertinggi yang dipimpin oleh Bapak Wakapolri, tentu nanti kita akan cari perwira yang terbaik," ungkap Idham.

Baca juga: Kapolri Baru Tolak Komentari Kasus Novel Baswedan

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen M Iqbal menyebut, tim pencari fakta yang dibentuk Polri telah menemukan kemajuan signifikan terhadap kasus Novel.

"Tim teknis mencari fakta ini bekerja sangat tertutup karena berbeda sekali dengan tim pencari fakta yang terbuka, kita melakukan teknik tenis kepolisian yang spesifik under cover by dan sebagainya," papar Iqbal.

Iqbal juga berujar bahwa kasus Novel akan segera diungkap dalam waktu dekat. 

"Kita paham bahwa ini harapan besar Republik. Republik juga harus paham bahwa tim teknis ini bekerja sangat maksimal, detik demi detik, day by day," katanya. (A-4)

BERITA TERKAIT