04 November 2019, 16:14 WIB

KLHK Bentuk Tim untuk Rencana TN Komodo jadi Wisata Premium


Rifaldi Putra Irianto | Humaniora

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
 ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
 Pengunjung mengabadikan seekor komodo di Pulau Rinca, Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (7/12/2018)

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan membentuk tim untuk melakukan peninjauan terkait rencana pengembangan Taman Nasional (TN) Komodo menjadi wisata premium.

"Progresnya dibentuk tim terpadu untuk membangun TN Komodo sebagai satu destinasi wisata yang segmented. Masih dalam progres pembentukan tim," kata Direktur Jendral Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Wiratno di gedung KLHK, Senin (4/11).

Ia mengatakan, nantinya juga akan dikaji mengenai manfaat yang akan diterima masyarakat.

"Rencananya mungkin Januari ada progres kita akan berbicara dengan stakeholder, yang pasti dalam pengembangan wisata juga harus dipastikan masyarakat dapat manfaat," tuturnya.

Baca juga: Taman Nasional Komodo Dikelola Berbasis Ekosistem

Sementara itu, Kepala Biro Humas KLHK Djati Witjaksono mengatakan rencana pengembangan wisata premium untuk Taman Nasional Komodo masih diperlukan konsep yang matang.

"Sampai saat ini belum ada konsepnya, jadi masih mengupayakan pengelolaan bersama masyarakat. Jadi masyarakat harus dilibatkan," kata Djati.

Ia menambahkan pengelolaan wisata premium Taman Nasional Komodo akan didorong dengan berkolaborasi bersama masyarakat.

"Kita mendorong pengelolaan dengan berkolaborasi bersama masyarakat. Kita akan lihat perkembangannya, karena dalam perkembangannya tentunya harus sejalan dengan kearifan lokal serta sejalan dengan aset-aset konservasi," tukasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT