04 November 2019, 13:51 WIB

Pembangunan Waduk Gongseng Bojonegoro Capai 94 persen


M Yakub | Nusantara

M Yakub
 M Yakub
Waduk Gongseng di Dukuh Gangseng, Desa Papringan, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jatim,

PROSES pembangunan Waduk Gongseng di Dukuh Gangseng, Desa Papringan, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, mencapai 94 persen.

Kadis Pekerjaan Umum Pengairan Bojonegoro, Edi Susanto mengatakan, pengerjaan  pembangunan Waduk Gongseng sudah dalam tahap finishing. Menurut Edi, proses pembangunannya sudah terealisasi sekitar 94 persen. ''Saat ini masuk dalam tahap penimbunan bendung utama,'' katanya, sembari berharap waduk Gongseng mampu menopang Waduk Pacal yang sudah dibangun zaman kolonial Belanda di Kecamatan Temayang.

Waduk tersebut, kata Edi, diproyeksikan memiliki kapasitas tampung 14,75 juta meter kubik ini pembangunannya mengunakan sistem multiyears dengan besaran anggaran mencapai Rp394 miliar yang diperoleh secara sharing antara Kabupaten Bojonegoro, Pemprov Jatim, serta APBN

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, lanjut dia, juga telah membebaskan lahan perkampungan yang ditempati 80 keluarga yang akan dipergunakan untuk lokasi penampungan waduk. Antara lain, Dukuh Gangseng, Desa Papringan dan Dusun Kalimati, Desa Kadungsari. Pergantian lahan diberikan dengan sistem ganti untung sehingga warga dgiminta mencari lokasi sendiri.

''Kompensasi sudah tuntas. Untuk yang di Dukuh Kalimati, sudah jadi perumahan baru. Sedangkan, Dusun Gangseng sedang dalam tahap pengusahaan lahan,'' tambahnya.

Selain untuk pengendali banjir, Waduk Gongseng ini diproyeksikan mampu mengairi lahan pertanian seluas 433,1 hektare yang tersebar di tujuh kecamatan. Meliputi, Kecamatan Temayang, Dander, Sukosewu, Kapas, Balen, Kanor dan sebagian Kecamatan Baureno. Selain itu juga diharapkan mampu menyediakan air baku hingga 300 liter perdetik.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT