04 November 2019, 10:00 WIB

Trump Ancam Hentikan Bantuan Dana untuk Kebakaran California


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

AFP/Apu Gomes
 AFP/Apu Gomes
Petugas pemadam kebakaran memantau titik panas akibat Maria Fire di Santa Paula, California

PRESIDEN Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan memotong dana federal untuk kebakaran hutan yang melanda California. Hal itu terjadi usai bertengkar dengan Gubernur California Gavin Newsom.

Kebakaran California menghabiskan hampir 40 ribu hektare dan ribuan penduduk pun harus mengungsi. Trump menyalahkan Gubernur Gavin Newsom yang telah melakukan pekerjaan mengerikan dalam pengelolaan hutan.

Presiden membuat ancaman serupa tahun lalu, ketika peristiwa kebakaran hutan menewaskan 86 orang.

"Setiap tahun, terjadi amukan api dan California terbakar, itu adalah hal yang sama. Kemudian dia (Newsom) datang ke Pemerintah Federal untuk meminta bantuan dolar. Tidak akan ada lagi (bantuan). Bekerjalah dengan efektif Gubernur," ujar Trump melalui akun Twitternya.

Baca juga: Saat Nonton Laga UFC, Presiden Trump Dicemooh Sejumlah Penonton

Newsom, yang sangat kritis terhadap kebijakan lingkungan Trump, membalas, "Anda tidak percaya pada perubahan iklim. Anda tidak dibenarkan untuk berbicara masalah ini."

Peningkatan suhu akibat pemanasan global menyebabkan kebakaran besar di California terlepas dari seberapa basah musim dingin sebelumnya. Menurut sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences, kondisi yang lebih kering dan hangat menyebabkan vegetasi mengering dan menjadi lebih mudah terbakar.

Petugas pemadam juga telah berusaha keras memadamkan Maria Fire, kebakaran besar di California selatan.

Kebakaran yang terjadi pada Kamis, telah membakar lebih dari 9.400 hektare. Kebakaran lainnya, Kincade Fire di utara San Francisco, diklaim telah berhasil dikendalikan sebesar 76%.(BBC/OL-5)

BERITA TERKAIT