04 November 2019, 08:49 WIB

Perempuan Punya Peran Strategis Wujudkan Kerukunan Umat Beragama


Djoko Sardjono | Nusantara

MI/Djoko Sardjono
 MI/Djoko Sardjono
Para penggagas forum dialog kerukunan antarumat beragama di Klaten sepakat perempuan punya andil besar dalam kerukunan umat beragama. 

FORUM Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, akan menggelar dialog penguatan nilai-nilai kerukunan antarumat beragama di Gedung Wanita Klaten, 7 November 2019. Menurut Ketua FKUB Kabupaten Klaten, Syamsuddin Asyrofi, penguatan nilai-nilai kerukunan antarumat beragama bisa dimulai dari partisipasi dan peran perempuan dalam kehidupan sehari-hari.

"Wujudnya, adalah produktivitas dan peran  perempuan dalam kehidupan keluarga dan masyarakat," kata Syamsuddin yang didampingi Mochammad Isnaeni kepada wartawan di Klaten, Minggu (3/11).

Dialog penguatan nilai-nilai kerukunan antarumat beragama tersebut, digagas oleh Ketua FKUB bersama para tokoh perempuan dari lintas agama dan ormas (organisasi kemasyarakatan) perempuan di Klaten. Ketua Komisi Dialog FKUB Kabupaten Klaten, Moch Isnaeni menambahkan bahwa FKUB berharap melalui dialog dapat menghasilkan konsep dasar bagaimana mewujudkan kerukunan antarumat beragama.

"Perlu diketahui, bahwa untuk mewujudkan kerukunan antarumat beragama di masyarakat, posisi perempuan sangat strategis dan sentral dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujarnya.

baca juga: Warga Wonosobo Menangi Lomba Nembang GLZoo

Dialog tentang peran perempuan dalam mewujudkan kerukunan antarumat beragama tersebut, menghadirkan narasumber Esti Ismawati, pegiat perempuan dan dosen Unwidha Klaten. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT