04 November 2019, 08:50 WIB

Bawaslu Ingin Pemahaman Pemilu Merata


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

MI/MOHAMAD IRFAN
 MI/MOHAMAD IRFAN
Ketua Bawaslu Abhan

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) meminta setiap rapat koordinasi melibatkan seluruh jajaran, termasuk dari KPU. Hal itu supaya pemahaman tentang kepemiluan merata dari petugas di pusat hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sampai Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

"Ini penting agar pemahaman yang sama tidak hanya level provinsi, tetapi sampai level paling bawah karena beberapa persoalan muncul dari bawah," kata Ketua Bawaslu Abhan.

Menurutnya, kegiatan evaluasi merupakan salah satu sarana apresiasi kepada mitra kerja strategis Bawaslu saat melakukan pengawasan Pemilu 2019 di Jawa Timur. Keberhasilan pemilu lalu, menurutnya, merupakan kerja bersama KPU, Bawaslu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Bukan kerja salah satu pihak. Bawaslu tidak bisa bekerja maksimal jika tidak dibantu stakeholder penyelenggara pemilu dan beberapa kementerian atau lembaga yang terkait," ujarnya.

Menurut Abhan, kegiatan evaluasi merupakan keniscayaan dari proses yang panjang untuk membuka diri. Catatan beberapa kekurangan baginya bakal diperbaiki agar tidak terulang pada masa berikutnya.

Abhan juga mengingatkan agar petahana pada Pilkada 2020 tidak memobilisasi para aparatur sipil negara (ASN). Abhan menegaskan pihaknya akan terus mengawasi pelaksanaan Pilkada 2020 secara ketat. Menjadi tupoksi dan wewenang Bawaslu untuk memetakan potensi yang rawan pelanggaran.

Abhan memuji inisiatif Bawaslu Jatim yang pertama kali membuat acara yang mempertemukan jajaran Bawaslu dan KPU se-Provinsi Jatim. Kegiatan semacam ini diharapkan bisa digelar oleh Bawaslu provinsi di wilayah lain.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Jatim Mohammad Amin menyatakan koordinasi yang baik antarpenyelenggara pemilu dan stakehoder terkait akan meningkatkan kinerja dalam Pilkada 2020.

Jika hubungan KPU dan Bawaslu harmonis, hal itu bisa menepis berbagai serangan dari luar dan semua bisa dijawab dengan mudah. Kalau sebaliknya, akan terjadi kekacauan "Saya percaya banyak persoalan akan diselesailan dengan mudah di Pilkada 2020." (Cah/Ant/P-1)

BERITA TERKAIT