04 November 2019, 04:30 WIB

Musim yang Manis untuk Barty


(WTA/R-3) | Olahraga

 (Photo by NOEL CELIS / AFP)
  (Photo by NOEL CELIS / AFP)
Ashleigh Barty dari Australia menaikkan trofi setelah menang melawan Elina Svitolina dari Ukraina di nomor tunggal putri  

BAGI Ashleigh Barty, tahun ini diakui olehnya sangat menakjubkan. Sebanyak empat gelar juara dia dapatkan musim ini dan yang terbaru diperoleh olehnya, kemarin, setelah memenangi partai puncak Final WTA 2019. Petenis berusia 23 tahun itu mengalahkan wakil Ukraina Elina Svitolina, yang merupakan juara bertahan, dengan skor 6-4 dan 6-3.

Kemenangan tersebut makin terasa manis karena Barty menutup musim ini dengan titel petenis putri terbaik dunia. Barty pun jadi petenis Australia pertama yang kembali mengangkat piala dari turnamen Final WTA setelah Evonne Goolagong Cawley pada 1976. Tidak hanya itu, Barty menjadi petenis kelima yang mampu menjuarai Final WTA dalam debutnya.

Dengan menyabet gelar di Final WTA, Barty pun diganjar hadiah uang tunai senilai 4,42 juta dolar AS atau sekitar Rp61,8 triliun. Jumlah itu juga rupanya sebuah rekor baru karena merupakan hadiah terbesar yang pernah ada di dunia tenis.

Sementara untuk Svitolina, gagal mengalahkan Barty membuatnya harus memperpanjang puasa gelar. Juara di Final WTA tahun lalu di Singapura merupakan pencapaian terbaiknya setahun terakhir. Kekalahannya dari Barty juga menjadi yang pertama untuknya setelah lima pertemuan sebelumnya selalu unggul. "Ini pekan yang hebat untuk saya. Tapi, Barty tampil lebih baik dan berhasil memiliki musim yang luar biasa," kata Svitolina.

Setelah Final WTA, Svitolina akan menjadi petenis putri terbaik keenam dunia. Karolina Pliskova (Republik Ceko) dan Naomi Osaka (Jepang) masing-masing menempati peringkat kedua dan ketiga. Simona Halep (Rumani) dan Bianca Andreescu (Kanada) peringkat keempat dan kelima.

Dari sektor putra, Final ATP 2019 akan berlangsung mulai Minggu (10/11). Delapan petenis putra terbaik dunia telah didapat dan yang menempati peringkat pertama ialah Rafael Nadal (Spanyol). Novak Djokovic (Serbia), Roger Federer (Swiss), Daniil Medvedev (Rusia), dan Dominic Thiem (Austria) jadi unggulan kedua hingga kelima. Tiga lainnya, ialah Stefanos Tsitsipas (Yunani), Alexander Zverev (Jerman), dan Matteo Berrettini (Italia).

Roberto Bautista Agut (Spanyol dan Gael Monfils (Prancis) jadi dua alternatif jika dari delapan petenis itu mengundurkan diri. (WTA/R-3)

BERITA TERKAIT