03 November 2019, 20:09 WIB

Pemerintah Diminta Kendalikan Rokok Elektrik


Rifaldi Putra Irianto | Humaniora

AFP
 AFP
Penikmat rokok eletrik (vape)

YAYASAN Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta pemerintah untuk dapat dengan tegas mengendalikan peredaran rokok elektronik (vape) lantaran belum adanya kajian-kajian yang komperhensif terhadap produk ini.

"Yang pertama kan ini belum ada aturan yang baku, lalu kemudian juga ini barang yang termasuk perlu dikendalikan juga karenakan ini hasil dari tembakau juga, sehingga peredaranya juga perlu dikendalikan," kata Pengurus YLKI, Agus Suyatno, Jakarta, Minggu, (3/10).

 

Baca juga: Kemenkes Terus Gencarkan Germas Kepada Masyarakat

 

Ia juga menilai, dalam pengendalian ini pemerintah juga dapat melakukan pelarangan sementara terhadapi produk vape sampai ada kajian yang mengizinkan produk ini layak dikonsumsi.

"Ketika pemerintah belum ada aturan yang jelas ini perlu prinsip kehati-hatian untuk melindungi konsumen, artinya pemerintah sebelum benar-benar dapat meyakinkan bahwa prodak ini dapat diperjualbelikan pemerintah harus melarang, " jelasnya.

"Pemerintah harus tegas melarang agar jangan sampai barang ini beredar dahulu, jadi dengan apa yang ada saat ini pemerintah harus mulai tegas, mulai memberikan penegakan. Jangan sampai jatuh korban baru pemerintah memberikan larangan," imbuhnya (OL-8)

BERITA TERKAIT