04 November 2019, 01:00 WIB

Hanif Dhakiri Tumbuh dari Teater Kampus


MI | Hiburan

MI/Sumaryanto Bronto
 MI/Sumaryanto Bronto
Hanif Dhakiri

MUHAMMAD Hanif Dhakiri, 47, Menteri Ketenagakerjaan pada Kabinet Kerja mengaku sangat mengagumi setiap penampilan teater maupun musik. Dia bahkan akrab dengan beberapa seniman, salah satunya Butet Kertaradjasa.

"Mas Butet dan teman-teman teater buat saya luar biasa karena mereka adalah politisi tanpa partai. Mereka selalu bisa menyampaikan pesannya, straightforward, jelas, tapi menghibur. Bahkan, Bu Menteri (Sri Mulyani) bisa tertawa terus dan senang dengan temanya yang diaduk-aduk sama Butet, padahal sebenarnya ditonjok-tonjok terus dengan kata-kata," kata Hanif seusai menyaksikan penampilan teater bertajuk Pemburu Utang di Graha Bhakti Budaya, Jakarta, Jumat (1/11) malam.

Bagi Hanif, itulah hebatnya seni dan kebudayaan, bisa mengkritik tanpa kekerasan, diselipkan dalam lakon dan guyon. "Kebetulan sejarah saya dari dahulu teater. Saya tumbuh besar dalam teater kampus. Jadi saya tumbuh dengan musik, puisi dan sastra. Sehingga ketika menjadi pejabat, saya tidak akan pernah mau kehilangan momen itu karena satu-satunya yang bisa membuat politik kita waras adalah kebudayaan," tukas Hanif. (Try/H-3)

BERITA TERKAIT