03 November 2019, 11:20 WIB

Trotoar Diokupasi, Satpol PP Minta Pemilik Usaha Sediakan Parkir


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

 MI/Saskia Anindya Putri
  MI/Saskia Anindya Putri
engendara sepeda motor melintas di atas trotoar pejalan kaki di Jalan Joglo Raya, Jakarta Barat. 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta telah membangun trotoar yang cukup lebar yang bertujuan untuk memberi kenyamanan pada pejalan kaki menuju tempat tujuannya.

Namun, kondisi trotoar saat ini tidak sejalan dengan tujuan dilebarkannya trotoar. Trotoar kerap diokupasi oleh pemotor yang melintas maupun memarkirkan kendaraannya di atas trotoar.

Hal tersebut disayangkan oleh Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin.

"Ya kami sudah mengawasi tapi kami juga minta kepada pengusaha misalnya ruko, bengkel, pertokoan itu juga harus memberikan ruang untuk parkir kendaraan baik pemilik maupun pengunjung. Supaya trotoar ini tidak diokupasi," ungkap Arifin saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (3/11).

Arifin menyebut pemilik bangunan usaha juga wajib menyediakan parkir dan tidak boleh menggunakan badan jalan atau trotoar sebagai lahan parkir.

"Tidak boleh. Kalau masih ada dan kami temukan tentu akan kami tertibkan. Mau itu bengkel sekalipun," tandasnya.

Arifin menyebut pihaknya telah bergerak cepat menyisir lokasi-lokasi trotoar yang diokupasi oleh pemotor maupun kendaraan roda empat yang dilaporkan masyarakat baik melalui kanal pengaduan Pemprov DKI maupun dari kanal media sosial.

"Contohnya di depan Pasar Paseban itu sudah kami bereskan cepat begitu ada laporan. Tapi kami juga mengimbau agar pengusaha dan juga pasar itu tertib menyediakan parkir," tutur mantan wakil Wali Kota Jakarta Selatan itu.

Ia juga meminta agar Perumda Pasar Jaya bisa menyediakan lahan parkir yang cukup bagi pedagang maupun pengunjung pasar.

"Kalau di pasar itu juga sebetulnya sudah ada lahan parkir. Tapi apakah lahan parkir itu benar-benar untuk parkir? Karena seringnya kan juga ditempati pedagang, dijadikan lapak sehingga pengunjung tidak bisa parkir. Saya minta semuanya, kita bersama-sama menjaga ketertibanlah," tegasnya.(OL-09)

BERITA TERKAIT