03 November 2019, 08:20 WIB

Segera Benahi Timnas Indonesia


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

MI/PIUS ERLANGGA
 MI/PIUS ERLANGGA
Ketua Umum PSSI terpilih periode 2019-2023, M Iriawan (tengah), berjabat tangan bersama dengan Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto (kanan) d

KONGRES Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11), berakhir sudah. Mochamad Iriawan alias Iwan Bule resmi terpilih menjadi Ketua Umum PSSI 2019-2023 setelah meraih hampir 100% suara dari pemilik suara.

Kongres juga menetapkan dua wakil ketua umum, yakni Cucu Soemantri dan Iwan Budianto serta menghasilkan 12 nama anggota komite eksekutif (exco) periode 2019-2023.

Tibalah saatnya kini bagi publik untuk menunggu kinerja Iwan membenahi PSSI. Sejumlah harapan pun dilontarkan terkait terpilihnya kepengurusan baru PSSI di bawah kepemimpinan komisaris jenderal polisi yang menjabat Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto, meminta Iwan Bule segera bekerja membenahi tim nasional Indonesia. Menurut Gatot, hal itu sesuai instruksi Presiden Joko Widodo untuk membenahi timnas Indonesia yang tengah terpuruk. Sebelumnya, tim nasional senior Indonesia terpuruk di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia setelah kalah dari Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam. "Presiden Jokowi sangat berpesan agar pengurus PSSI segera bergerak cepat mempersiapkan timnas," ujar Gatot, Sabtu (2/11).

Gatot berharap PSSI di bawah kepengurusan Iwan Bule dapat bekerja cepat demi kemajuan sepak bola nasional. "Kemenpora membuka pintu lebar-lebar bagi pengurus PSSI untuk bekerja lebih cepat dan komprehensif bagi kemajuan sepak bola nasional," kata Gatot.

Pengamat sepak bola Supriyono mengaku menunggu kerja nyata dari janji-janji Iwan Bule. Salah satunya ialah janji memberikan subsidi bernilai miliaran bagi klub yang mengikuti kompetisi. "Langkahnya saya tunggu. Kalau hanya bicara, kan banyak," ujar Supriyono. Dia juga meminta Iwan Bule mengembalikan Luis Milla sebagai pelatih tim nasional. Hal itu dilakukan agar performa tim nasional yang tengah jeblok terdongkrak.

Sumber: PSSI/Tim Riset MI

 

 

Harapan FIFA

Presiden FIFA Gianni Infantino pun menaruh harapan besar atas terpilihnya Iwan. Gianni berharap Iwan membawa perubahan pada sepak bola Indonesia. Hal itu ia sampaikan melalui sambungan telepon dengan Sekjen PSSI Ratu Tisha seusai KLB PSSI, Sabtu (2/11).

Ucapan selamat juga disampaikan Gianni kepada Presiden Joko Widodo saat keduanya bertemu di sela-sela KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11). FIFA menilai KLB PSSI berjalan lancar dan sukses. "Selamat semoga ketua umum yang baru dapat membawa PSSI menjadi lebih baik dan berprestasi," ucap Gianni.

Saat menanggapi berbagai harapan publik, Iwan Bule mengatakan ia akan menggelar rapat secepatnya dengan Kemenpora dan KONI untuk membahas berbagai isu, di antaranya persiapan tim nasional U-23 yang akan berlaga di SEA Games 2019 Filipina. Iwan juga menyatakan akan memastikan persiapan Piala Dunia U-20 pada 2021 berjalan lancar.

Terkait permintaan untuk mengembalikan Milla di kursi pelatih timnas, Iwan menyatakan akan mempelajarinya. 

"Saya 1 atau 2 hari ini akan menganalisis," kata Iwan, Sabtu (2/11). Namun, Iwan mengaku telah mengincar nama lain, yakni Shin Tae-yong, pelatih yang membawa Korea Selatan mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018. (Nur/X-6)

BERITA TERKAIT