03 November 2019, 02:00 WIB

Kontribusi Menangani Sampah


*/M-1 | Weekend

DOK BRIDGET FERGUSON/ RAYHAN DUDAYEV
 DOK BRIDGET FERGUSON/ RAYHAN DUDAYEV
Para penyelam juga harus memiliki kepedulian lingkungan.

BAGI para freediver, pengalaman menyelam di spot penyelaman yang masih asri ialah suatu hal yang tak ternilai harganya. Namun, tingginya masalah pencemar­an di Indonesia sudah berimbas pula ke kondisi laut, bahkan di perairan terpencil.

Sebab itu, bagi instruktur free diving Rayhan Dudayev, para penyelam juga harus memiliki kepedulian lingkungan. Bahkan, para penyelam diminta untuk ikut menangani pencemaran. Ia pun melihat jika olahraga free diving dapat menjadi kampanye untuk menyebarluaskan kepedulian lingkungan.

“Generasi milenial adalah peluang bagi kita untuk mengampanyekan isu mengenai marine debris ini. Free diving ini merupakan kegiatan yang asyik, maksud saya hal ini bisa dikombinasikan, saya dukung untuk ngomongin aspek kelestarian lingkungannya, di kaum milenialnya,” ujar Rayhan.

Ia menjelaskan, bersama dengan Association Internationale pour le Developpement de Iapnee, ia tengah menyusun materi soal lingkungan. “Karena kita merasa persoalan marine debris sudah menjadi persoalan besar dan menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengatasinya. Makanya kami menyusun materi-materi soal ekosistem ini” pungkasnya. (*/M-1)

BERITA TERKAIT