02 November 2019, 22:22 WIB

Pengamat: Iwan Harus Tepati Janji Subsidi Klub Bernilai Miliaran


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

MI/PIUS ERLANGGA
 MI/PIUS ERLANGGA
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (tengah) bersama dengan Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto (kanan) dan Cucu Seomantri (kiri).

PENGAMAT sepak bola Supriyono mengaku akan menunggu kerja nyata dari janji-janji yang disampaikan Mochamad Iriawan atau Iwan Bule sebelum terpilih menjadi Ketua Umum PSSI.

Ketimbang merayakan keberhasilan duduk sebagai PSSI 1, Supriyono mengatakan Iwan Bule lebih baik mulai menepati janji yang diumbar sebelum hari pemilihan. Salah satunya adalah janji subsidi bagi klub yang bernilai miliaran saat mengikuti kompetisi.

"Langkahnya yang saya tunggu. Kalau yang hanya bicara kan banyak. Janji kampanye kan udah banyak kita dengar," ujar Supriyono, ketika dihubungi, Sabtu (2/11).

Supriyono mengaku menunggu gebrakan Iwan Bule untuk mengatasi masalah di sepak bola Indonesia. Ia menyoroti internal PSSI harus bersih dan paham soal sepak bola. Kompetisi harus teratur dan tidak bertabrakan dengan kalender FIFA. Lalu, peningkatan kualitas pelatih dan wasit lokal, serta membangun sarana dan prasarana sepak bola.

Baca juga: Terpilih 12 Anggota Exco PSSI 2019-2023, Petahana Lima Orang

Selain itu, Supriyono mengatakan Iwan Bule harus memastikan kompetisi dengan umur berjenjang tetap dilanjutkan. Bahkan, ia menilai kompetisi di level junior lebih diperbanyak. Sejauh ini kompetisi usia ini yang telah berjalan adalah Elit Pro Academy U-20, U-18, dan U-16.

"Kompetisi yang berjenjang dan berkesinambungan. Dari senior trus berafiliasi ke bawah. Karena semuanya saling terkait," ungkap mantan pemain timnas era Primavera itu.

Lebih lanjut, Supriyono mengatakan Iwan Bule mampu menempatkan orang yang tulus memajukan sepak bola Indonesia dan mempunyai visi dan misi yang sejalan dengan Iwan Bule.

Meski tak ingin menaruh terlalu banyak harapan pada Iwan Bule, tetapi Supriyono mengaku memberikan dukungan kepada Jenderal Polisi itu. "Masih ragu sih (dengan Iwan Bule), tapi kita support dan kita tunggu bersama. Semoga sepak bola kita bisa sedikit membaik," kata Supriyono.

Seperti diketahui, Iwan Bule resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 setelah mendapatkan 82 suara dari 85 voter yang hadir pada kongres. Adapun mengenai kursi waketum akan diisi Cucu Soemantri dan Iwan Budianto. (OL-4)

BERITA TERKAIT