03 November 2019, 00:00 WIB

Autentisitas Santap Keluarga


*/M-3 | Weekend

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
 MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Gurami tahu kuah.

BAGI keluarga Tionghoa, bersantap bersama keluarga besar menjadi agenda penting. Bila bosan dengan restoran yang itu terus, coba ke Restoran Angke di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Anak cabang dari restoran makanan Tiongkok legendaris Angke yang berdiri pada 1965 itu menawarkan tempat bersantap dengan keluarga yang menarik dan makanan yang lezat. Salah satu hidangan andalan ialah ayam garam.

Hidangan ini terdengar sederhana, tapi teknik memasaknya menarik. Ayam yang sudah dibaluri garam dibungkus dalam kemasan khusus lalu direbus dalam tungku dengan api kecil sekitar 1 jam. Dalam sekali perebusan bisa menampung 7-9 ekor ayam. Setelah itu, ayam ini disiram dengan minyak panas sehingga kulitnya kering, tapi dalamnya tetap lembut.

Teknik ini sebenarnya teknik pengawetan makanan yang dilakukan orang Tionghoa zaman dulu saat melakukan perjalanan jauh.

Saat di sini, jangan lupa memesan salad dingin sebagai hidangan pembuka. Hidangan ini terdiri atas udang, kornet, telur pitan, hati ampela, ubur-ubur, dan potongan sayur. Semua itu dicampur dengan saus mayones khas Angke. Sepintas agak membingungan, tapi setelah dicampur rasanya pas dan unik.

Salad dingin ini ternyata memiliki sejarah tersendiri. Masakan ini tercipta ketika Kung Kung (Tjung Sin Fa) dan Po Po (Ko Po Hon), leluhur sekaligus pendiri restoran Angke, pertama kali makan di hotel mewah. Hidang­an yang pertama disajikan ialah salad dan meninggalkan kesan tersendiri yang menginspirasi mereka meracik salad ini.

Tak ketinggalan baby buncis sechuan. Meski terlihat sederhana, buncis yang ditumis dengan daging cincang ini pas mendampingi ayam garam. Sensasi renyah dan gurih berpadu pas di dalam mulut.  

Bila ingin menyantap hidangan berkuah, ada gurami tahu kuah. Potongan ikan gurami dalam kuah kaldu ikan ini terasa gurih. Tidak hanya ikan, ada pula potongan tahu putih dan lobak. Kuah beningnya segar dan aroma bawang daun semakin menambah selera anda untuk bersantap.

Saat di sini Anda wajib memesan bakmi seafood. Mi yang kenyal ini berpadu dengan bumbu kecap, kemiri, dan bawang putih. Bakmi ini semakin lengkap dengan potongan ikan, cumi, udang, bakso ikan, ku’cai, dan tauge.

Autentisitas rasa di tempat ini memang tidak salah lagi. Apalagi restoran keluarga ini telah berdiri selama tiga generasi. Tak mengherankan jika restoran ini menjadi langganan bagi perayaan momen penting keluarga.

“Ini restoran keluarga, jadi tamunya juga keluarga, antargenerasi, dari dulu ada yang ibunya dilamar di sini, nikah di sini. Mungkin sekarang anaknya juga ada yang nikah di sini,” terang Elizabeth Angelika, selaku Divisi Digital Marketing Restoran Angke, kepada Media Indonesia, di Jakarta, Senin (21/10). (*/M-3)

BERITA TERKAIT