02 November 2019, 13:23 WIB

Iwan Bule Terpilih Jadi Ketum PSSI


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

ANTARA/Sigid Kurniawan
 ANTARA/Sigid Kurniawan
Ketua umum PSSI terpilih Mochamad Iriawan

MOCHAMAD Iriawan atau Iwan Bule resmi terpilih menjadi ketua umum PSSI periode 2019-2023 setelah mendapat hampir 100% suara dari pemilik suara (voter) di kongres luar biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11).

Iwan Bule yang merupakan Jenderal Polisi itu meraih 82 dari 85 voters. Adapun tiga voters menyatakan abstain dan satu voter lainnya memilih walk out, yaitu klub Persis Solo.

Kongres PSSI itu diwarnai oleh diusirnya enam calon ketua umum PSSI. Mereka adalah Fary Djemi Francis, Alvin S Hinelo, Vijaya Fitriyasa, Benny Erwin, Yesayas Oktavianus, dan Sarman.

Baca juga: Diusir dari Kongres, Fary Djemi: Ada Skenario Apa?

Salah satu caketum, Vijaya Fitriyasa mengatakan dirinya bersama lima orang lain diminta keluar ruang sidang oleh pemimpin rapat.

"Wajar dong kami melakukan interupsi. Pak Fary ingin menyampaikan ke FIFA dihalangi security. Pak Fary didorong, sampai terjadi perdebatan, dan diusir keluar oleh security. Lalu, ada statement Sekjen PSSI yang bilang tidak setuju dengan kongres diminta keluar. Ya, kalau sudah warning seperti itu apa gunanya lagi kita di dalam," ujar Vijaya.

Vijaya mengatakan Fary Djami Francis sebagai perwakilan hanya ingin menyampaikan adanya keanehan kongres, seperti tidak diberi informasi soal tata cara pemilihan dan tidak adanya proses debat seperti yang dijanjikan Komite Pemilihan.

Seperti diketahui, agenda KLB PSSI kali ini adalah pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, serta 12 anggota Komite Eksekutif (Exco).

Sempat diwarnai kekisruhan soal jadwal kongres dan protes dari kandidat, KLB PSSI diputuskan tetap berjalan usai mendapat restu dari Kemenpora, FIFA, dan AFC. (OL-2)

BERITA TERKAIT