02 November 2019, 10:45 WIB

Jokowi Bertolak ke Thailand untuk KTT Ke-35 ASEAN


Nur Aivanni | Internasional

ANTARA/Ahmad Subaidi
 ANTARA/Ahmad Subaidi
Ilustrasi--Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana

PRESIDEN Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan terbatas bertolak menuju Thailand dalam rangka kunjungan kerja, hari ini , Sabtu (2/11).

Dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 09.40 WIB.

Di Bangkok, Thailand, menurut Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini, Presiden diagendakan menghadiri rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN dan KTT terkait lainnya yang digelar pada 2 hingga 4 November 2019.

KTT ke-35 ASEAN yang mengusung tema "Advancing Partnership for Sustainability" hendak memastikan kemitraan negara anggota ASEAN dan negara lainnya bagi keberlanjutan kemajuan di kawasan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat menjelaskan bahwa dalam KTT ke-35 ASEAN nanti, Indonesia akan mengajak seluruh anggota ASEAN untuk bersama membangun infrastruktur yang berkaitan dengan konsep Indo-Pasifik sehingga memberikan dampak ekonomi yang baik kepada negara anggota ASEAN.

Baca juga: KBRI Benarkan Kematian Tamam

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan kepada Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden bahwa selain membawa isu utama tentang kerja sama pembangunan infrastruktur dan konektivitas di kawasan Indo-Pasifik, isu lainnya yang akan disampaikan Presiden adalah upaya mempertebal strategic trust (rasa saling percaya) di antara anggota ASEAN.

Selain menghadiri rangkaian pertemuan KTT, Presiden juga dijadwalkan akan melakukan beberapa pertemuan bilateral.

"Sore nanti Presiden Jokowi direncanakan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden FIFA dan Sekjen PBB. Besok juga Presiden akan mengadakan pertemuan bilateral di sela-sela pelaksanaan KTT," kata Heru dalam pernyataan resminya, Sabtu (2/11).

Turut mendampingi Presiden dalam keberangkatan tersebut, antara lain Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andri Hadi, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, dan Staf Khusus Presiden M. Fadjroel Rachman.

Adapun Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah lebih dahulu berada di Bangkok, Thailand untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri dan mempersiapkan kedatangan Presiden. (OL-2)

BERITA TERKAIT