02 November 2019, 12:30 WIB

BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan pada Januari 2020


Cindy Ang | Humaniora

ANTARA/Rony Muharrman
 ANTARA/Rony Muharrman
Seorang warga berada di halte Trans Metro Pekanbaru ketika menunggu hujan reda di Kota Pekanbaru, Riau.

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan di sebagian wilayah Indonesia dimulai pada Januari 2020. Puncak musim hujan bakal bertahan selama dua bulan.

"Puncak musim hujan tiba pada Januari-Februari 2020. Kecuali wilayah dekat ekuator," ucap Humas BMKG Ririn saat dihubungi, Sabtu (2/11).

Ririn menjabarkan wilayah dekat ekuator meliputi Aceh, Sumatra Utara dan Riau. Puncak musim hujan ketiga wilayah tersebut berada pada Desember 2019 hingga Januari 2020.

"Wilayah dekat ekuator justru pada Februari hingga Maret 2020 memasuki awal musim kemarau," sambung Ririn.

Baca juga: KLHK Sebut Tiga Perusahaan Lakukan Pembakaran Berulang

BMKG mengimbau agar masyarakat mewaspadai daerah dengan dataran tinggi. Sebab, puncak musim hujan ini bisa mengakibatkan tanah longsor maupun banjir.

"Masyarakat juga perlu memperhatikan drainase dan menyimpan cadangan air. Kalau misalkan ada waduk (untuk menyimpan cadangan air) bisa mengurangi tingkat banjir," terang Ririn.

Ririn juga mengingatkan masyarakat agar memantau perubahan cuaca, iklim dan potensi gempa bumi lewat website BMKG maupun aplikasi InfoBMKG. Apabila terdapat peringatan cuaca ekstrim, masyarakat dapat tersosialisasi. (OL-2)

BERITA TERKAIT