02 November 2019, 09:30 WIB

Ikut Demonstrasi Soal Iklim, Jane Fonda Ditangkap


Basuki Eka Purnama | Hiburan

AFP/Mandel NGAN
 AFP/Mandel NGAN
Jane Fonda

LEGENDA hollywood yang juga aktivis Jane Fonda, Jumat (1/11), ditangkap di Washington karena ambil bagian dalam demonstrasi mengecam politisi Amerika Serikat (AS) yang dianggap gagal menanggapi perubahan iklim.

"Kali ini, saya mungkin ditahan selama satu malam. Itu bukan masalah besar," ujar Fonda kepada wartawan sembari mengingatkan bahwa ini bukan kali pertama dirinya ditangkap polisi.

Bersama sejumlah aktivis lainnya termasuk aktris Rosanna Arquette dan Chaterine Kenner, Fonda melakukan aksi duduk di gedung Senat, tempat aksi demonstrasi dilarang.

Baca juga: Rami Malek Jadi Musuh James Bond

Perempuan yang telah menjadi aktivis sejak 1970-an itu yang kini berusia 82 mengaku dirinya termotivasi oleh gerakan yang dilakukan aktivis lingkungan asal Swedia Greta Thunberg.

"Ada banyak cara untuk berjuang. Namun, saya sangat terinspirasi oleh Greta Thunberg dan pelajar lainnya yang melakukan aksi mogok di berbagai dunia," kata Fonda.

"Saya adalah seorang selebritas. Ini merupakan cara untuk menggunakan ketenaran saya untuk mengirimkan pesan dalam krisis yang akan menentukan apakah anak dan cucu kita memiliki masa depan di Bumi ini," imbuhnya. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT