01 November 2019, 22:50 WIB

Soal Perppu KPK, PDIP Sebut Jokowi Homati Ketatanegaraan RI


Putra Ananda | Politik dan Hukum

MI/Rommy Pujianto
 MI/Rommy Pujianto
Politikus PDIp Masinton Pasaribu

ANGGOTA Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu meminta semua pihak menghargai upaya uji materi UU KPK di Mahkamah Konstitusi.

Dirinya pun mengapresiasi sikap kenegarawanan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan belum menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk membatalkan revisi UU KOK.

"Sikap kenegarawanan Presiden yang memberikan contoh dan keteladanan penyelenggara negara untuk menghormati ketatanegaraan, hukum dan perundang-undangan yang berlaku," ujar Masinton, Jumat (1/11).

Baca juga : KPK Pasrahkan Perppu kepada Presiden

Masinton menegaskan, sikap Jokowi sudah tepat untuk tidak menerbitkan Perpu terhadap UU Nomor 30 Tahun 2002 yang telah direvisi menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

"Biarkan hakim-hakim konstitusi di MK berkhidmat dalam pelaksanaan tugas dan kewenangannya memproses dan memutus gugatan atau uji materi yang dilakukan warga negara terhadap revisi UU KPK tanpa ada tekanan dari pihak manapun, termasuk oleh KPK yang bertugas menjalankan Undang-undang," jelasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT