01 November 2019, 22:14 WIB

Pengamat Sebut Sosok Baru bakal Sulit Bertarung di Kongres PSSI


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Istimewa
 Istimewa
Pengamat Sepak bola Tommy Welly

PENGAMAT sepak bola Tommy Welly menilai sejumlah calon ketua umum PSSI yang merupakan wajah baru di induk sepak bola Indonesia itu, kan sulit bersaing dengan kandidat lainnya.

Ia menyebut salah satunya adalah Vijaya Fitriyasa.

"Sebagus apa pun Vijaya, dengan ekosistem sepak bola yang seperti sekarang, akan sangat sulit bagi siapa pun yang kategori wajah baru di pentas PSSI saat memasuki arena pertarungan Kongres PSSI itu sendiri," ungkap Towel, Jumat (1/11).

Tommy mengatakan hal yang pertama perlu diperhatikan oleh Vijaya adalah bagaimana dirinya bisa diterima dulu di kalangan voters.

"Mayoritas karakter voters yang masih berpikir dengan pola pikir lama, misalnya wani piro dan lain sebagainya," lanjutnya.

Baca juga : Relawan Iwan Bule Berbagai Daerah Polisikan Vijaya Fitriyasa

Selain itu, Towel menilai Vijaya harus menentukan akan berada di posisi yang serba tanggung antara membuat perubahan atau ikut terseret arus.

"Bukan berarti dengan menjadi owner Persis solo otomatis Vijaya bisa jadi Ketum PSSI. Hal itu justru melemahkan upaya kampanyenya yang mengusung perubahan di tubuh PSSI sebab akuisisi Persis menjadi catatan buruk baginya. Ingat ya, catatan besar mengenai Kongres besok ini pertarungan tentang perubahan versus status quo. Aspirasi publik bola tentu ingin perubahan di tubuh PSSI," ujar Tommy.

Terkait Mochamad Iriawan atau Iwan Bule yang merupakan calon kuat ketua umum PSSI, Tommy menyebut dukungan wajah lama di PSSI seperti Iwan Budianto membuat ide reformis Iwan dipertanyakan.

"Benarkah harapan reformis/perubahan sepakbola itu bisa ditaruh pada Ibul yang bakal mengakomodir Iwan Budianto cs ?" pungkas Tommy. (OL-7)

BERITA TERKAIT