01 November 2019, 20:26 WIB

Gempa 4,9 SR Guncang Pangandaran


Kristiadi | Nusantara

(Foto: Medcom.id)
 (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi Gempa Bumi

GEMPA bumi magnitudo 4,9 skala richter (SR) guncang kawasan Pangandaran pukul 15.38 WIB. Pusat gempa berada di 84 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran pada titik kordinat 8.16 LS - 107.89 BT di kedalaman 31 kilometer.

"Gempa bumi magnitudo 4,9 kembali terjadi di Kabupaten Pangandaran, meski sebelumnya berkekuatan 4,8 skala richter tapi getarannya memang telah dirasakan oleh sebagian warga. Kondisi gelombang laut tetap aman dan tidak menimbulkan tsunami, tetapi harus waspada juga," ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena.

Nana mengatakan, peristiwa tersebut tidak menimbulkan kerusakan rumah atau fasilitas lainnya dan kondisi sekarang sudah kembali normal pascaterjadinya gempa bumi yang selama itu dirasakan masyarakat Pangandaran. Namun, petugas telah melakukan pengecekan di setiap rumah penduduk tapi tidak ada yang rusak.

"Kami telah menerima informasi dari BMKG kejadian gempa ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas di intraslab Lempeng Eurasia dan gempa itu dirasakan di wilayah Pangandaran dengan Skala Intensitas I - II MMI," ujarnya.

Menurutnya, BPBD telah menyiapkan tanda-tanda jalur evakuasi bagi masyarakat dan semuanya terpasang berada di sepanjang pantai termasuknya perhotelan.

"Masyarakat Pangandaran masih melakukan aktivitas seperti biasa dan mereka juga tetap waspada dalam kejadian yang mana tidak bisa diprediksi. Kejadian gempa bumi yang terjadi itu, gelombang air laut dalam kondisi normal dan getarannya memang terasa kecil karena telah mengarah ke arah Sukabumi," paparnya. (OL-11)

 

BERITA TERKAIT