28 October 2019, 19:25 WIB

Kaum Muda Harus Peduli Lingkungan dan Kurangi Kecanduan Gadget


mediaindonesia.com | Nusantara

Istimewa
 Istimewa
Purna Jambore Nasional 1991 (PJ91) di Kampung Blekok, kawasan pesisir pantai Pasir Putih, Situbondo, Jatim, 

GENERASI muda khususnya anak-anak dan remaja diajak untuk lebih peduli terhadap lingkungan hidup bisa mengurangi kecanduan terhadap gadget.

Kalangan muda diminta dapat mengisi kegiatan yang mengembalikan ekosistem atau hubungan timbal balik dan lebih menyatu dengan alam di sekitarnya.

Hal tersebut diungkapkan anggota Komisi B DPRD Jawa Timur (Jatim) dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Ahmad Amir Asichin saat mengikuti kegiatan menanam bakau (mangrove) bersamman dengan Purna Jambore Nasional 1991 (PJ91) di Kampung Blekok, kawasan pesisir pantai Pasir Putih, Situbondo, Jatim, Senin (28/10).

Menurut Amir, dengan melibatkan kalangan generasi muda sekarang ke dalam kegiatan peduli lingkungan, bisa mengalihkan dan mengurangi kecanduan terhadap gadget.

"Para orang tua harus memberikan penyadaran kepada anak-anaknya. Di sisi lain, pemerintah juga harus mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup yang berbasis komunitas," papar politikus dari PKB tersebut.

Pemerintah pusat dan daerah, menurut Amir, diharapkan mendorong generasi muda serta menggelontorkan dana untuk kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk kwartir-kwartir cabang (kwarcab) Pramuka.  

Lebih lanjut Amir yang juga mantan peserta Jambore Nasional Pramuka tahun 1991 mewakili Kontingen Jatim mengatakan, meskipun perkembangan teknologi yang membudaya, tapi permainan yang mempererat nilai bersama alam tidak mesti ditinggalkan.

"Saat mengikuti keiatan Pramuka, kami diajari bagaimana mencintai alam, menyatu, bermain dan berkreasi dengan kondisi alam," harap Amir kepada kalangan milenial. (OL-09)

BERITA TERKAIT