01 November 2019, 18:46 WIB

Soal Larangan Bercadar, Menag: Tergantung Aturan Masing-Masing


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Menteri Agama Fachrul Razi

MENTERI Agama Fachrul Razi menyebut kajian pelarangan cadar menyesuaikan peraturan di lembaga masing-masing. Kebijakan itu tidak dipaksakan di semua kementerian.

"Kalau di pegawai (Kementerian Agama) jelas ada aturannya. Kan ada aturan masing-masing," kata Fachrul di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (1/11).

Fachrul enggan menjawab kapan kajian itu diterapkan. Yang pasti, dia menyebut menggunakan cadar atau tidak bukan ukuran keimanan seseorang. "Itu bukan ukuran ketakwaan ya. Jelas itu," tegas dia.

Sebelumnya, Fachrul disebut berencana melarang penggunaan cadar atau niqab saat memasuki instansi pemerintahan. Hal itu demi alasan keamanan usai insiden penusukan mantan Menko Polhukam Wiranto.

Baca juga: Tjahjo Kumolo Pastikan belum Bahas Larangan ASN Bercadar

"Memang nantinya bisa saja ada langkah-langkah lebih jauh, tapi kita tidak melarang niqab, tapi melarang masuk instansi-instansi pemerintah, demi alasan keamanan," kata dia saat Lokakarya 'Peningkatan Peran dan Fungsi Imam Tetap Masjid' di Hotel Best Western, Jakarta, Rabu (30/10).

Fachrul menekankan penggunaan niqab tak ada hubungannya dengan keimanan. "Kita ingin memberikan kejelasan itu bukan ukuran tingginya iman dan takwa seseorang," tutur dia. (X-15)

BERITA TERKAIT