01 November 2019, 17:43 WIB

Kepala Bappeda DKI Ikut Mengundurkan Diri


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MI/Insi Nantika Jelita
 MI/Insi Nantika Jelita
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) bersama Kepala Bappeda Pemprov DKI Jakarta Mahendra.

DALAM kurun waktu kurang dari dua hari, dua pejabat tinggi pemerintah provinsi (Pemprov) DKI mengundurkan diri. Mereka ialah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Edy Junaedi disusul Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Sri Mahendra Satria Wirawan.

Pengunduran diri Mahendra disampaikan langsung oleh Gubernur DKI Anies Baswedan. "Saya sampaikan info, Kepala Bappeda Bapak Mahendra mengajukan permohonan pengunduran diri per hari ini. Beliau menyampaikan kemarin dan saya mau berikan kesempatan beliau sampaikan sendiri," kata Anies di Gedung Balai Kota, Jakarta, Jumat (1/11).

Setelah pengumuman resmi dilontarkan Anies, Mahendra menyampaikan secara singkat kepada awak media perihal pengunduran dirinya.

"Seperti kita ketahui, situasi kondisi saat ini yang tentunya (harapan saya) kinerja pemerintah jauh lebih baik lagi. Saya mengajukan mohon mengundurkan diri supaya akselerasi Bappeda akan lebih ditingkatkan, terima kasih," tutur Mahendra.

Baca juga: Kadis Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Mengundurkan Diri

Anies memberikan apresiasi terhadap Mahendra atas kinerja selama ini. "Saya cukup terkejut dengan permohonan beliau. Namun kami menerima permohonan pengunduran diri Pak Hendra," ucap Anies.

Anies kemudian menunjuk Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan dan Pemukiman, Suharti, menjadi Plt Kepala Bappeda. Mahendra akan kembali ke Widyaiswara, yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diangkat sebagai pejabat fungsional oleh pejabat yang berwenang dengan tugas untuk mendidik, dan/atau melatih PNS pada lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) pemerintah.

Pengunduran diri Mahendra, menyusul Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Edy Junaedi yang juga mundur dari jabatannya kemarin malam. Anies mengaku belum bertemu Edy secara langsung terkait pengunduran diri tersebut.

Diketahui kepastian pengunduran diri Edy dibenarkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir.

"Saya tidak bisa mengumumkan (pengunduran diri Edy), karena saya belum bertemu langsung," kata Anies. (OL-4)

BERITA TERKAIT