01 November 2019, 16:22 WIB

Menko Perekonomian Terus Monitor Harga Komoditas Penyebab Inflasi


Ihfa Firdausya | Ekonomi

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pemerintah terus berupaya menjaga harga-harga komoditas yang menjadi faktor inflasi. Antara lain harga bawang dan beras.

"Jadi faktor inflasi ini yang kita jaga seperti harga bawang, harga beras itu nanti akan kita monitor," ungkapnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (1/11).

Untuk langkah-langkah menjaga harga-harga komoditas tersebut, Menko Airlangga mengaku akan mengoordinasikannya terlebih dahulu dengan stakeholder terkait.

"Ya nanti kita akan koordinasi dengan Menteri Perdagangan dan Bulog. Mungkin minggu depan akan kita rapatkan," tuturnya.

Baca juga: Dirjen Pajak Tegaskan Fokus pada Penerimaan di Sisa Tahun

Disinggung mengenai kenaikan cukai rokok yang juga berpotensi memicu inflasi, Airlangga juga akan mengoordinasikan hal tersebut.

"Cukai rokok kan nanti pada Januari. Nanti kita akan rapatkan juga. Tapi kalau kita lihat yang di atas itu kan sebetulnya mereka daya belinya tidak terganggu kalau harga rokok yang tinggi," imbuhnya.

Secara umum, pemerintah akan fokus mendorong pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, Indonesia harus menjaga momentum pertumbuhan di dalam negeri.

"Menjaga momentum pertumbuhan di dalam negeri itu tentu terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan daya beli dalam negeri. Karena komposisi masyarakat kita 55% dari konsumsi. Nah ini tentu kemarin yang kita sampaikan juga di sidang kabinet," pungkasnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT