01 November 2019, 15:15 WIB

Sri Mulyani Nilai Suryo Utomo Tepat Tangani Ditjen Pajak


Andhika Prasetyo | Ekonomi

ANTARA/Nova Wahyudi
 ANTARA/Nova Wahyudi
Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak yang baru Suryo Utomo (kanan) menerima ucapan selamat dari Menteri Keuangan Sri Mulyani

MENTERI Keuangan Sri Mulyani menilai Suryo Utomo adalah sosok yang sangat cocok menggantikan tugas Robert Pakpahan sebagai pimpinan tertinggi di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

Di tengah persoalan penerimaan pajak yang tidak sesuai ekspektasi, pemerintah membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan mumpuni, pengalaman dan sepak terjang yang kuat untuk memperbaiki sistem perpajakan di dalam negeri.

"Pak Suryo pernah menjabat kepala kantor wilayah dan terakhir menjadi direktur peraturan dan kepatuhan. Dia telah menjalani suatu perjalanan karir yang saya anggap sangat lengkap untuk bisa menjalankan tugas ini," ujar Sri Mulyani di kantornya, Jakarta, Jumat (1/11).

Baca juga: BPS Catat Inflasi Tipis di Oktober

Ia meminta Suryo untuk meningkatkan penerimaan pajak negara tanpa merusak iklim bisnis dan investasi.

"Itu jelas kombinasi tujuan yang berat. Maka itu diperlukan reformasi di bidang perpajakan, mulai dari sistem sampai sumber daya manusia. Selama ini upaya itu sudah dilakukan dan perlu dilanjutkan," tuturnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT