01 November 2019, 09:14 WIB

Pangdam Bukit Barisan Tutup TMMD ke 106


Apul Iskandar | Nusantara

MI/Apul Iskandar
 MI/Apul Iskandar
PANGDAM I/Bukit Barisan Mayjen TNI Muhamad Sabrar Fadhilah mengendari sepeda motor melintasi jembatan yang dibuat prajurit TNI dalam TMMD.

PANGDAM I/Bukit Barisan Mayjen TNI Muhamad Sabrar Fadhilah menutup kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 di Lapangan Stadion PTPN III Gunung Pamela, Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai (31/10).

Penutupan kegiatan TMMD dilaksanakan serentak di enam Wilayah Kodim Jajaran Kodam I/Bukit Barisan yakni Kodim 0204/Deli Serdang, Kodim 0206/Dairi, Kodim 0314/Inhil, Kodim 0306/50 Kota, Kodim 0309/Solok dan Kodim 0318/Natuna dengan tema Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat.

Turut hadir dalam kegiatan penutupan TMMD  Gubernur Sumatera Utara  yang mewakili, Waka Polda Sumut, Danrem 022/PT, Bupati Serdang Bedagai, Para Staf Kodam l/BB, Seluruh Forkopimda Serdang Bedagai dan Deli Serdang, Para Kadisjan, Para Dandim Jajaran Korem 022/PT, Para Kasi Korem 022/PT, Toda, Tomas, Toga dan tokoh pemuda.

Pangdam Mayjen Fadhilah mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan masyarakat selama satu bulan untuk pencapaian percepatan pembangunan di
desa.

Mayjen Fadhilah mengatakan kegiatan TMMD dapat mencapai target pembangunan fisik dan non fisik. Bersama Satgas TMMD dan  masyarakat telah membangun  infrastruktur perdesaan, pembukaan jalan baru, peningkatan badan jalan, pembangunan rehabilitasi jembatan, rumah ibadah, dan perbaikan rumah yang tidak layak huni. Program TMMD juga
melaksanakan kegiatan non fisik seperti penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pendidikan, pertanian, dan pengetahuan bahaya narkoba.

"Pertahankan kebersamaan dan kemanunggalaan TNI dan rakyat yang sudah kita rasakan dan kita bina. Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama realisasi semangat gotong royong. Pelihara hasil TMMD ini untuk kemaslahatan seluruh warga  masyarakat. Teruslah membangun dan mengembangkan  potensi desa serta jadikan  masing-masing  menjadi agen-agen pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan sekitar,"ujarnya.

Dari semua program pembangunan fisik, Mayjen Fadhilah mengapresiasi kinerja prajurit yang berhasil membangun jembatan penghubung desa antara Desa Pispis dan Desa Silau Padang. Ia berharap jembatan tersebut  dapat membantu masyarakat dari sisi pertanian serta  pendidikan.

"Kepada masyarakat sekitar tolong dipelihara jembatan yang sudah dibangun. Saya mengerti jembatan ini sangat dibutuhkan untuk kegiatan ekonomi dan pendidikan nantinya. Namun, masih perlu penguatan dari jembatan ini," ujarnya seraya memohon maaf jika ada tutur atau sikap prajurit yang menyakiti perasaan masyarakat.

"Sasaran fisik utama ini jembatan. Yang tadinya sebelum ada jembatan, masyarakt harus berputar tiga jam ke kota. Dengan ada jembatan yang baru dibangun  ini lima menit sudah sampai. Jembatan ini masih  harus dikuatkan dan ditingkatkan. Tapi, untuk penguatan pesan saya kepada Kades dan Bupati untuk terus ditingkatkan serta untuk beberapa waktu
ini dihimbau untuk jangan dipakai oleh kendaraan berat," tambahnya.

baca juga: Blora Memulai Musim Tanam Pertama Di Tengah Kekeringan

Kegiatan Penutupan TMMD ke -106 Wilayah Kodim 0204 Deli Serdang  dirangkai dalam kegiatan bakti sosial, pengobatan umum, pemeriksaan/operasi katarak gratis, pemberian kursi roda, tongkat untuk tuna netra, operssi bibir sumbing dan penanaman pohon. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT