31 October 2019, 17:56 WIB

Perpustakaan Kepresidenan Reagan Selamat dari Kebakaran Easy Fire


Melalusa Susthira K | Internasional

AFP/ David McNew
 AFP/ David McNew
Kebakaran dekat Simi Valley California

PETUGAS pemadam kebakaran California berjuang memadamkan kobaran api yang bergerak cepat dan mengancam ribuan rumah hingga Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan, Rabu (30/10). Kebakaran hutan di Lembah Simi, barat laut Los Angeles yang disebut Easy Fire, mulai membara sekitar pukul 6.00 pagi waktu setempat.

Pejabat setempat mengatakan kebakaran memaksa dilakukannya evakuasi perpustakaan dan rumah-rumah yang berada di sekitarnya, saat api mulai menjalar ke lebih dari 526 hektare lahan. Kuda dan hewan lainnya di peternakan juga ikut dievakuasi, orang-orang dari luar negara bagian pun turut membantu.

Petugas pemadam kebakaran bergegas mengamankan perpustakaan yang terletak di puncak bukit. Helikopter dan pesawat lantas menjatuhkan air dan senyawa penghambat laju api (fire retardant) ke kobaran api yang dipicu oleh kuatnya embusan angin.

"Api mengepung kami dengan cepat, didorong oleh angin berkekuatan 40 sampai 50 mil per jam tersebut," terang Asisten Kepala Pemadam Kebakaran Wilayah Ventura, Chad Cook, kepada wartawan.

"Kami memang mengalami embusan angin dengan kecepatan hingga 65 mil per jam pagi ini, dengan kekuatan jarak jauh yang sangat berbahaya dan dengan cepat melampaui sumber serangan awal," tambahnya.

Seorang juru bicara Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan, Melissa Giller, mengatakan kepada radio lokal, arsip dan banyak memorabilia lain peninggalan pemerintahan Reagan disimpan dengan aman di ruang bawah tanah tahan api. Menjelang sore, gedung perpustakaan tersebut berhasil diselamatkan dari kobaran api.

Meskipun demikian, pihak berwenang memperingatkan situasi dapat berubah dengan cepat karena angin kencang berpotensi memperluas bara api. Kepala Polisi Wilayah Ventura, Bill Ayub, mengatakan 7 ribu rumah berada di bawah perintah wajib evakuasi.

Baca juga: Santa Ana Datang, Lokasi Kebakaran California Bisa Meluas

Pihak berwenang belum mengetahui pasti penyebab insiden kebakaran Easy Fire, yang dimulai di dekat Easy Street dan menjalar melalui lereng bukit menuju lingkungan sekitarnya.

Kebakaran Easy Fire terjadi di tengah peringatan risiko kebakaran hutan tinggi untuk California selatan. Peringatan tersebut dikeluarkan karena datangnya angin paling kuat di musim ini yang disebut Santa Ana dengan kecepatan mencapai 130 kilometer per jam. Angin tersebut diperkirakan akan berembus di daerah pegunungan Santa Monica dan Los Angeles County.

"Kami memperkirakan angin Santa Ana akan menderu kencang," jelas Layanan Cuaca Nasional AS seraya menambahkan peringatan bendera merah akan diberlakukan hingga Kamis (31/10) malam.

Pihak berwenang mengkhawatirkan kobaran api yang mulanya disebabkan adanya cabang pohon yang jatuh di saluran listrik akan berlangsung hingga malam ini.

Juru Bicara Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles, Margaret Steward, mengatakan, untuk mengantisipasi angin Santa Ana dengan rekor tertinggi, semua staf pemadam kebakaran beserta tenaga bantuan cadangan telah dimobilisasi.

Dalam beberapa hari terakhir, kebakaran lain terjadi di seluruh negara bagian California yang dipicu angin kencang, kelembaban rendah dan suhu tinggi. Namun, berbeda dengan insiden kebakaran hutan pada tahun sebelumnya, kebakaran kali ini belum ada laporan yang menyebut adanya korban jiwa.

Adapun pada 2018, insiden Camp Fire menjadi bencana kebakaran hutan paling merusak melanda California yang menghancurkan Kota Paradise dan menyebabkan sedikitnya 86 orang tewas. Pun begitu halnya pada 2017, kebakaran yang melanda California Utara menghanguskan ribuan bangunan dan menewaskan sedikitnya 44 orang.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT