31 October 2019, 14:45 WIB

Januari 2020 Diprediksi Puncak Musim Penghujan


Atalya Puspa | Humaniora

Mi/Rommy Pujianto
 Mi/Rommy Pujianto
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan keterangan pers. 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim pengujan akan masuk pada November mendatang. Adapun, musim penghujan akan menemui puncaknya pada Januari hingga Februari 2020.

"Mulai November sampai Maret musim hujan. Puncaknya di Januari sampai Februari. Diperkirakan lebih basah daripada rata-rata normalnya. Curahnya akan lebih tinggi," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Kantor BMKG, Jakarta Pusat, Kamis (31/10).

Dwikorita mengimbau, dengan adanya prediksi musim penghujan dan puncaknya, pemerintah daerah serta masyarakat dapat mengantisipasi bencana yang timbul akibat musim penghujan seperti longsor, banjir, dan banjir bandang.

Adapun, Dwikora menyebut wilayah-wilayah yang memiliki potensi longsor tinggi berada di wilayah lereng gunung atau wilayah miring lebih dari 20 derajat. Sementara masyarakat yang tinggal di dekar bantaran sungai, Dwikora mengingatkan untuk selalu waspada akan adanya banjir.

"Jadi ini kita ingatkan beberapa bulan sebelunya untuk mengantisipasi longsir, banjir bandang, banjir supaya tidak terulang lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk antisipasi banjir longsor itu diteruskan oleh BMKG wilayah provinsi dan kaupaten," tambah Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo (OL-09)

BERITA TERKAIT