31 October 2019, 14:27 WIB

PT KAI Akan Perpanjang Rute KRL Sampai Cikampek


Cikwan Suwandi | Nusantara

Antara
 Antara
PT KAI berencana memperluas rute KRL sampai ke Cikampek, Jawa Barat.

DEPUTI Excutive Vice President 1 Daerah Operasional 1 PT Kereta Api Indonesia, Sofyan Hasan menyatakan usulan Pemerintah Kabupaten Karawang agar Kereta Rel Listrik (KRL) atau Commuter Line sampai ke Stasiun Cikampek direspons positif Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Hal tersebut diungkapkan Sofyan di sela-sela pelayanan kesehatan dan edukasi gratis bagi warga Karawang di Klinik dan Perpusatakaan Kereta Api di Stasiun Karawang.

"Kita hanya sebagai operasional. Yang membangun ini Dirjen Perkeretaapian. Tetapi informasinya akan diperpanjang sampai Karawang dan juga di Serang," kata Sofyan kepada wartawan, Kamis (31/10).

Pembangunan jaringan listrik, menurut Sofyan akan dilakukan pada 2020. Kemungkinan bukan hanya sampai stasiun Karawang, melainkan hingga stasiun Cikampek.

"Tinggal memasang tiang-tiangnya saja. Kalau jalurnya menggunakan jalur lama. Secara kajian juga sudah sangat baik," katanya.

Perpanjangan trek KRL awalnya hanya diprogramkan sampai Cikarang. Namun, pihak Ditjen Perkeretaapian menginginkan sampai Karawang, bahkan Cikampek.

Pada kesempatan itu Sofyan Hasan menghadiri pengobatan gratis dan edukasi membaca melalui Kereta Rail Clinic dan Rail Library.

"Dalam kegiatan kali ini, kami menyiagakan 26 personel, terdiri dari 4 dokter umum, 1 dokter gigi, 1 bidan, 1 ahli mata/optik, 2 tenaga laboratorium, dan 17 perawat juga apoteker," katanya.

baca juga: Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg Ada Dugaan Ulah Spekulan

PT KAI juga membagikan kacamata minus secara cuma-cuma kepada 60 siswa SD dan membagikan 300 paket sembako gratis.

"Dalam perpustakaan kita ini saat ini sekitar 3.000 koleksi buku," pungkasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT