31 October 2019, 09:35 WIB

Istri Dituding Langgar Aturan, Menteri Kehakiman Jepang Mundur


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/STR/JIJI PRESS
 AFP/STR/JIJI PRESS
Menteri Kehakiman Jepang Katsuyuki Kawai

MENTERI Kehakiman Jepang Katsuyuki Kawai, Kamis (31/10), menjadi menteri kedua yang mengundurkan diri dalam tempo sepekan. Kawai mengundurkan diri setelah muncul tudingan istrinya melanggar aturan pemilu saat mencalonkan diri menjadi anggota parlemen.

Kawai mengaku telah mengajukan surat pengunduran dirinya kepada Perdana Menteri Shinzo Abe, Kamis (31/10) pagi.

Kawai mengundurkan diri setelah tabloid Shukan Bunshun melaporkan bahwa istrinya, Anri, membayar anggota stafnya lebih besar dari jumlah yang diizinkan hukum.

Pengunduran diri Kawai terjadi sepekan setelah Menteri Perdagangan Isshu Sugawara mengundurkan diri setelah sebuah majalah melaporkan menteri itu memberikan hadiah melon dan kepiting kepada konstituennya.

Baca juga: Kastil Warisan Dunia di Okinawa Dilalap Api

Kawai menegaskan dirinya tidak bersalah namun mengatakan mengundurkan diri adalah keputusan terbaik.

"Baik saya maupun istri tidak mengetahui masalah itu. Saya yakin telah menjalankan aktivitas politik sesuai aturan," tegasnya.

"Saya akan menyelidiki masalah ini dan memberikan penjelasan. Namun, saat ini, kepercayaan publik terhadap departemen kehakiman telah tercoreng," imbuhnya.

Abe mengatakan posisi Kawai akan digantikan oleh Masako Mori, mantan menteri yang ditugaskan mengatasi masalah rendahnya angka kelahiran di Jepang. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT