30 October 2019, 20:32 WIB

Olympic Targetkan Peningkatan Pasar Ekspor hingga 40%


mediaindonesia.com | Ekonomi

Istimewa
 Istimewa
Olympic juga menjalankan program umrah untuk para mitra bisnisnya.

PEMERINTAH Indonesia tengah mendorong ekspor produk furnitur dalam negeri. Pasalnya, ekspor industri furnitur dari Indonesia kontribusinya masih sangat rendah meskipun memiliki potensi yang besar.

Berdasarkan data Center for Industrial Studies (CSIL)  pada tahun 2017, kinerja ekspor Indonesia berada pada posisi ke-22. Data menunjukkan Tiongkok menempati posisi teratas. Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih kalah dari Vietnam.

Pada 2018, Indonesia hanya mencatatkan ekspor furnitur sebesar USD1,69 miliar atau hanya Rp23,66 triliun (mengacu kurs Rp14.000 per USD). Sementara  itu, Vietnam yang menempati posisi ketujuh mencatatkan ekspor sebesar USD5,5 miliar, sedangkan Malaysia sendiri berhasil mencatatkan nilai ekspor USD2,3 miliar.

Terkait dengan ekspor furnitur, perusahaan furnitur Olympic menargetkan kinerja ekspor bisa meningkat dengan dukungan kondisi pasar dan pemerintah. Produk-produk mereka banyak diminati oleh pasar Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Timur Tengah.

Direktur Marketing Olympic Group, Felix Jonathan, mengatakan saat ini nilai ekspor grup Olympic-- di bawah bendera PT Graha Multi Bintang--sekitar 5%. Pihak mereka menargetkan bisa meningkat hingga 30-40% di tahun mendatang.

"Semoga dengan dukungan pemerintah bisa kita perluas ekspor kita, target 30-40%. Tahun depan ke 15% dan 2021 teraih semuanya," ujar Felix di sela-sela acara Umrah Bersama Olympic Group di Tangerang, Rabu (30/10).

Ia mengaku aksi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok membawa pengaruh postif pada pasar Olympic. Perusahaan bisa meraih peningkatan keuntungan karena banyak yang beralih dari membeli produk di Tiongkok ke Indonesia.

Umrah untuk mitra bisnis

Dalam upaya meningkatkan hubungan bisnis dan lebih mendekatkan diri dengan pasar, Olympic juga menjalankan program umrah ke tanah suci Makkah. Tahun ini, kata Felix, perusahaan memberangkatkan umrah 120 orang mitra bisnis atau distributor yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Kerja sama yang baik antara mitra bisnis dipandang memberikan keuntungan bukan hanya bagi kedua belah pihak, juga pengaruh baik bagi lingkungan dan masyarakat. Hubungan bisnis antara Olympic Furniture Group dan mitra bisnisnya itu terus dijaga.

Tahun ini adalah tahun kedua Olympic memberangkatkan para mitra bisnisnya untuk menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci. Felix mengatakan ini selaras dengan visi misi perusahaan PT Graha Multi Bintang.

Kegiatan umrah berlangsung mulai 31 Oktober sampai dengan 08 November 2019. Selain ke Tanah Suci, Olympic telah memberangkatkan mitra bisnisnya ke negara-negara mancanegara lainnya. (OL-09)

BERITA TERKAIT