31 October 2019, 08:00 WIB

Warga Rasakan Manfaat Pembangunan


mediaindonesia.com | Megapolitan

MI/Galih Pradipta
 MI/Galih Pradipta
Sejumlah Pedagang Kaki Lima berjualan di tepi jalan di Kawasan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jumat (11/11). 

MASYARAKAT mengakui pembangunan berbagai fasilitas dasar di Pulau Seribu mendatangkan banyak manfaat bagi kehidupan mereka. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dinilai sangat berkomitmen dalam membangun daerah yang di berada di utara Ibu Kota tersebut.

“Sudah semakin baik pembangunannya. Listrik oke karena sudah menyala 24 jam. Infrastruktur untuk pulau berpenduduk terus berkembang, terutama yang sekalian menjadi pulau wisata,” ujar salah satu warga Pulau Untung Jawa, Kabupaten Kepulauan Seribu, Safir, 35.

Menurut Safir, berbagai pembangunan yang dikerjakan Pemprov DKI Jakarta telah menjawab berbagai kebutuhan daerah tersebut yang seharusnya tidak timpang jauh dengan wilayah kota madya di Jakarta. Salah satunya fasilitas penting masyarakat dalam menggunakan transportasi. “Untuk saat ini transportasi makin banyak. Dermaga juga makin baik,” ucapnya.

Di tengah upaya pembangunan tersebut, Safir berpendapat bahwa masyarakat di pulau yang berpenghuni masih menghadapi masalah berupa kepadatan penghuni serta jalan yang sempit. Selain itu, fasilitas kesehatan harus ditambah lagi, terutama yang sangat dibutuhkan, yakni rumah sakit.

“Fasilitas kesehatan masih minim. Tidak ada rumah sakit, yang ada puskesmas. Untuk pulau yang hanya jadi tempat tinggal, infrastrukturnya agak kacau, padat, dan kumuh,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pemerintah diharapkan memperbaiki sanitasi, termasuk mengatur tata letak rumah tinggal warganya. Hal tersebut sangat diperlukan untuk menata Pulau Seribu lebih rapi, sehat, dan tertata.

“Sanitasi dan pembuangan masih buruk masih dibuang ke laut. Air konsumsi juga payau. Kami berharap ini segera diberikan solusinya,” jelasnya.

Terkait dengan harga pangan di daerah tersebut, Safir menilai tidak terdapat perbedaan dengan kota madya lain di Jakarta. (Sru/S3-25)

BERITA TERKAIT