30 October 2019, 19:28 WIB

Petani Harus Terapkan Sistem Pertanian Modern


Andhika Prasetyo | Ekonomi

MI/Susanto
 MI/Susanto
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo optimistis para pelaku usaha tani bisa memiliki tingkat kesejahteraan tinggi jika mulai menerapkan sistem pertanian yang modern.

Di tengah kemajuan teknologi, modernisasi di sektor pertanian menjadi kewajiban, mulai dari proses tanam hingga pascapanen.

Pertanian modern tidak selalu identik dengan peralatan atau permesinan canggih. Sistem manajemen yang sempurna juga bagian dari modernisasi pertanian.

"Seperti menentukan bibit apa yang dipakai, pupuk apa yang dipakai. Seberapa banyak pupuknya. Di lokasi ini kapan harus tanam, di lokasi sana kapan harus tanam, bagaimana kelembabannya. Itu semua adalah manajemen tanam yang modern dan itu harus diterapkan di semua tempat," ujar SYL di Jakarta, Rabu (30/10).

Baca juga : Menteri Pertanian Kukuhkan Tiga Profesor Riset

Untuk memuluskan strategi itu, ia menekankan pentingnya peran penyuluh pertanian yang menjadi role model bagi para petani.

Para penyuluh harus memiliki tingkat intelektual tinggi sehingga mampu memberikan pemahaman, mentransfer ilmu pertanian kepada petani di lapangan.

"Kalau penyuluh apa adanya, petani juga pasti apa adanya. Tapi kalau penyuluh sukses, petani juga pasti sukses," tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT