30 October 2019, 15:37 WIB

Idham Azis dapat Penilaian Positif dari Komisi III


Putra Ananda | Politik dan Hukum

MI/Adam Dwi
 MI/Adam Dwi
Pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI tiba di kediaman calon tunggal Kapolri Komjen Idham Azis

CALON tunggal Kapolri Komjen Idham Azis mendapat penilaian positif dari para pimpinan dan anggota Komisi III DPR saat berkunjung ke kediaman pribadinya di Jalan Panglima Polim Nomor 7A, Jakarta Selatan.

Kunjungan segenap jajaran pimpinan dan anggota Komisi III ke kediaman Idham dalam rangka tahapan wawancara uji kelayakan sebagai calon Kapolri.

Ketua Komisi III DPR Herman Hery menyebut Idham mampu memimpin keluarga dengan baik. Kepemimpinan Idham di keluarga bisa menjadi teladan bagi keluarga anggota institusi Polri lain. Herman menilai keberhasilan Idham memimpin keluarga menjadi salah satu indikator Komisi III menilai kelayakan Idham selaku Kapolri.

“Mohon izin mohon maaf kenapa sampai masuk ke hal-hal pribadi karena ini sudah menjadi tradisi fit and proper test kapolri, ada banyak hal-hal pribadi yang ingin kami tahu lebih jauh, contoh hal pribadi bagaimana misalnya kehidupan dengan keluarga, istri beliau yang mana, putra putrinya yang mana, semua itu pengin kita kenal,” tutur Herman saat melakukan konferensi pers usai melakukan wawancara dengan Idham dan anggota keluarganya, Rabu (30/10).

Baca juga: Idham Azis Minta Restu Rakyat Jadi Kapolri

Selama 90 menit, pimpinan dan anggota Komisi III bergantian mengonfirmasi kehidupan Idham dengan istri dan anak-anaknya. Proses wawancara Komisi III dengan Idham dan keluarga berlangsung cair dan jauh dari nuansa ketegangan. Termasuk saat Komisi III memastikan istri Idham tidak mencampuri tugas dan fungsi sang suami jika terpilih sebagai kapolri.

“Yang kedua bagaimana cara mendidik anak dan keluarga, kehidupan suami istri dalam meng-handle misalnya tugas-tugas beliau sebagai kapolri, apa peran istri, apakah istri ikut campur terlalu jauh ini hal-hal sensitif yang ingin kami pertanyakan tadi,” ujar Herman.

Herman menilai Idham memiliki karakter yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan sebagai seorang Kapolri. Herman optimistis Idham akan lolos uji kelayakan dan kepatutan di DPR yang bakal digelar pukul 14.00 WIB.

“Kami berharap semoga Allah selalu melindungi keluarga ini dan diizinkan sebagai Kapolri nanti,” ungkapnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT