30 October 2019, 15:31 WIB

Menhan Prabowo Berkomitmen Perkuat Alutsista TNI


Golda Eksa | Politik dan Hukum

MI/Golda Eksa
 MI/Golda Eksa
Menhan Prabowo berkomitmen mendukung pemenuhan kebutuhan alutsista TNI.
MENTERI Pertahanan Prabowo Subianto berkomitmen untuk mendukung pemenuhan kebutuhan alat utama sistem persenjataan (alutista) TNI yang diperlukan guna menjaga NKRI.

Penegasan itu disampaikan Prabowo saat memberikan pengarahan kepada pejabat utama TNI di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (30/10). Demikian informasi yang diterima Media Indonesia dari Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan.

Kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra itu disambut oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Adji, KSAU Yuyu Sutisna, dan Wakil KSAD Letjen Tatang Sulaiman.

Hadir pula Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono, Sekjen Kemhan Laksdya Agus Setiadji, dan beberapa pejabat Kemhan.

Sebelum memberikan pengarahan yang diawali upacara jajar kehormatan, Prabowo lebih dulu menerima paparan dari Panglima TNI dan para kepala staf angkatan terkait capaian program pembangunan kekuatan pokok minimum atau minimum essential force (MEF).

Prabowo mengatakan bahwa semua yang telah direncanakan TNI ke depan sudah on the right track. Mantan Danjen Kopassus itu juga mengungkapkan rasa bangga bahwa sampai saat ini TNI dapat secara konsisten memelihara kemampuannya.

Namun, terang Prabowo, kemampuan TNI masih perlu terus ditingkatkan lagi terutama kemampuan SDM dan alutsistanya. Prabowo pun berjanji akan bekerja keras menyelesaikan semua tugas Kemhan dalam pemenuhan alutsista.

"TNI harus kuat baik Angkatan Darat, Angkatan Laut maupun Angkatan Udara. TNI harus kuat, untuk itu kami bersama Wamamen ingin memperkuat jajaran operasional kekuatan tempur riil TNI. Kita akan perkuat TNI," kata Prabowo.

Pada kesempatan itu Prabowo juga menggarisbawahi dan meminta TNI untuk senantiasa waspada terhadap ancaman yang akan mengganggu kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI. (OL-09)

BERITA TERKAIT