30 October 2019, 14:15 WIB

Empat Pejabat Istana Thailand Dipecat


Sonya Michaella | Internasional

AFP/Lillian SUWANRUMPHA
 AFP/Lillian SUWANRUMPHA
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn

RAJA Thailand Maha Vajiralongkorn memecat empat pejabat kerajaan. Sebelumnya, ia telah mencopot semua gelar kerajaan dan pangkat militer dari istrinya, Sineenat Wongvajirapakdi.

Wongvajirapakdi dituduh tidak loyal dan melakukan persaingan dengan Ratu Suthida Bajrasudhabimalalakshana, yang menikah dengan Raja Vajiralongkorn pada Mei, hanya beberapa hari sebelum penobatannya.

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu (30/10), dua pejabat istana yang dipecat terbukti melakukan perbuatan jahat dan perzinahan, yang disebut sebagai pelanggaran terhadap kode etik anggota istana.

Sementara itu, dua pejabat lainnya yang merupakan perwira militer dipecat karena lemah dalam bertugas sebagai penjaga istana dan berperilaku tidak pantas atas pangkat dan jabatan mereka.

Baca juga: Prioritas 4+1 untuk Politik Luar Negeri RI

Kerajaan Thailand mengumumkan empat pejabat tersebut dicopot peringkat dan gelar mereka. Dengan begitu, sudah 10 pejabat yang dipecat Raja Vajiralongkorn dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

Pekan lalu, Raja Vajiralongkorn memecat enam pejabat istana yang dituduh melakukan pelanggaran kedisiplinan yang parah dan menyebabkan kerusakan sistem kerajaan.

Sejak mengambil alih kepemimpinan dan naik takhta pada 2016 usai Bhumibol Adulyadej meninggal, Raja Vajiralongkorn dikenal sebagai sosok yang tegas dan mengambil kontrol langsung atas urusan kerajaan. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT