30 October 2019, 10:09 WIB

Pembangunan Kota Pematangsiantar Harus Berbasis Lingkungan


Apul Iskandar | Nusantara

MI/Apul Iskandar
 MI/Apul Iskandar
Plt Sekda Kota Pematangsiantar, Kusdianto meminta para OPD membangun konsep Kota Pematangsiantar berwawasan lingkungan.

WALI Kota Pematangsiantar Hefriansyah yang diwakili oleh Pelaksana Harian Sekda Kusdianto mengatakan pentingnya pemerintah menyusun program pembangunan dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan hidup.

"Pembangunan harus memertimbangkan aspek-aspek lingkungan. Pematangsiantar hendaknya menjadi model  pembangunan yang memakai  prinsip ramah lingkungan hidup," ucapnya saat membuka sosialisasi dan bimbingan teknis penyusunan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup berbasis jasa ekosistem, Rabu (30/10).

Ditambahkannya, pertumbuhan ekonomi penduduk dan tuntutan kebutuhan ekonomi berdampak terhadap penggunaan sumber daya alam. Juga pemanfaatan ruang pembangunan seperti alih fungsi lahan. Terutama lahan produktif untuk lahan non pertanian serta belum optimalnya pemanfaatan rencana tata ruang yang berwawasan lingkungan dalam perencanaan pembangunan menjadi ancaman.

baca juga: Pemkot Denpasar Bentuk Tim Monitoring Awasi Ormas

Kusdianto juga berpesan agar sosialisasi ini diikuti dengan seksama dan serius agar tercapainya tujuan bersama dalam membangun Kota Pematangsiantar. Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera Kementerian Lingkungan Hidup, Amral Fery menyampaikan bahwa setiap instrumen rencana pembangunan harus memikirkan dampak lingkungan.

"Semua kegiatan pembangunan harus dipikirkan dampak lingkungannya," kata Amral Fery. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT