29 October 2019, 20:31 WIB

Riset: Nadiem Paling Dicari, Prabowo Terpopuler


Ardi Teristi Hardi | Politik dan Hukum

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

SOSOK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjadi sosok paling banyak dicari di media sosial (medsos). Ia mengalahkan nama-nama menteri Kabinet Indonesia Maju yang lain, seperti Edhy Prabowo, Fachrul Razi, Wishnutama, ataupun Erick Thohir.

"Nadiem paling populer dicari," kata peneliti Center for Digital Society (CfDS) Fisipol UGM Paska Darmawan saat memaparkan analisis popularitas menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM), Selasa (29/10) di Fisipol UGM.

Untuk  menteri yang paling populer di medsos, ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Hal tersebut didasarkan atas jumlah pengikut di akun medsos pribadinya. Walau punya banyak pengikut di medsos, Prabowo tidak termasuk dalam daftar nama yang paling banyak dicari dalam mesin pencari Google.

Dalam survei CfDS, jelas Paska, para menteri dengan banyak pengikut di medsos seharusnya bisa mengomunikasikan dengan baik kebijakan dan program pemerintah ke masyarakat dan mendengarkan pendapat masyarakat.

Baca juga: NasDem Nilai Jokowi Serius Bangun Papua

Dari 34 menteri dalam KIM, CfDs UGM mencatat, jumlah menteri perempuan menurun. "Terdapat penurunan jumlah perempuan yang sebelumnya 24% jadi 15%" tambah anggota Peneliti CfDS Vidiskiu.

Dari sisi usia, rerata menteri di KIM tidak berbeda jauh dengan komposisi  kabinet periode pertama, yaitu 58 tahun. "Para menteri masih didominasi  berusia 61-70 tahun, hanya satu yang milenial," jelas dia. (X-15)
 

BERITA TERKAIT