29 October 2019, 16:06 WIB

DPR Pastikan Kementerian Hanya Bermitra dengan 1 Komisi


Putra Ananda | Politik dan Hukum

MI/Susanto
 MI/Susanto
Pimpinan rapat Aziz Syamsuddin (kedua kiri) didampingi Rachmat Gobel (kiri), Puan Maharani (kedua kanan) dan Sufmi Dasco memimpin rapat

KETUA DPR Puan Maharani memastikan kementerian hanya akan bermitra dengan 1 komisi di DPR RI. Hal tersebut dilakukan untuk menyederhanakan alur mitra antara pemerintah, dalam hal ini kementerian dengan legislatif melalui komisi.

"Kami berhasil menyusun satu kementerian bermitra dengan satu komisi sehingga nantinya komisi lebih fokus melakukan pengawasan terhadap kinerja kementerian," ujar Puan di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (29/10).

Sebelumnya, pada periode lalu terdapat satu kementerian yang bermitra dengan lebih dari satu komisi. Hal tersebut berdampak pada kurang efektifnya pengawasan antara legislatif dan pemerintah. Namun pada periode kali ini, Puan menuturkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hanya dibahas di komisi IV.

"Semula dibahas di Komisi IV & Komisi VII, sehingga sering lempar tanggung jawab, butuh energi dan waktu untuk koordinasi," tuturnya.

Baca juga: Susunan Pimpinan AKD Fraksi NasDem di DPR

Puan mengharapkan dengan setiap komisi bermitra dengan satu kementerian bisa membuat DPR memaksimalkan fungsi pengawasannya.

Kesepakatan satu komisi bermitra dengan satu kementerian tercapai dalam Rapat Konsultasi DPR Pengganti Bamus yang dihadiri pimpinan DPR dan seluruh pimpinan fraksi, Senin (28/10).

Kesepakatan ini akan disahkan dalam Rapat Paripurna Ke IV DPR RI Selasa (29/10) siang. Rapat Paripurna sekaligus akan mengesahkan 11 Komisi DPR RI beserta ruang lingkup dan tugasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT