29 October 2019, 13:31 WIB

Tenggelamkan! Edhy Prabowo Lanjutkan Program Susi Pudjiastuti


Yurike Budiman | Humaniora

ANTARA/Galih Pradipta
 ANTARA/Galih Pradipta
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

PENGGANTI Menteri Kelautan dan Perikana Susi Pudjiastuti, Edhy Prabowo, menjamin akan meneruskan program yang telah dilakukan pendahulunya.

Mantan menteri KKP Susi sempat kontroversial lantaran aksinya yang kerap menenggelamkan kapal-kapal asing tidak berizin di teritorial Indonesia.

"Iya dong (tetap lanjutkan), kan penenggelaman kapal ilegal itu untuk menjaga kedaulatan negara. Kalau ada kapal yang begitu lagi ya kita tegur lagi kenapa harus takut?" tegas Edhy usai melakukan dialog bersama nelayan di Muara Angke, Jakarta Utara, Senin (28/10).

Meski nantinya akan menenggelamkan kapal asing, menurutnya, masih ada lagi masalah lain setelah itu.

"Masalah selanjutnya adalah bagaimana tetap menjaga konsistensi wilayah perairan kita tidak ada kapal-kapal asing lagi," ungkapnya.

Baca juga: Menpora Mengajak Para Pemuda untuk Kreatif dan Inovatif

Ia juga tidak segan berkolaborasi dengan Angkatan Laut dan Kepolisian guna meningkatkan pengawasan laut. Salah satunya dengan melakukan pengawasan dengan Satgas 115.

"Kuatkan internal kita. Pengawasan lautnya diperketat oleh Satgas 115, SDKP (sumber daya kelautan dan perikanan) kita punya 38 kamal. Lalu benar gak kapal kita punya kekuatan untuk mengejar. Jangan-jangan kekuatan kapal kita hanya 20 knot, tahu-tahu musuh lebih dari itu," jelasnya.

Maka dengan itu, ia harap pihaknya bisa bersinergi dengan semua jajaran angkatan laut dan polisi.

"Saya sangat yakin ya Angkatan Laut kita juga kalau diajak koordinasi pasti dia mau, Kepolisian juga," tutup dia. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT