29 October 2019, 10:58 WIB

Polda Metro Jaya dan Pangdam Jaya Tutup Operasi Penanganan Pemilu


Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum

ANTARA/Aprillio Akbar
 ANTARA/Aprillio Akbar
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono (kanan depan) dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono (tengah depan).

POLDA Metro Jaya dan Pangdam Jaya menggelar apel penutupan Konsolidasi Operasi Kepolisian Mantap Brata tahun 2018-2019. Konsolidasi ini merupakan rangkaian penanganan pengamanan pemilu hingga pelantikan presiden.

Apel digelar di kompleks parlemen Senayan, Jakarta. Bertindak sebagai inspektur upacara Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono.

"Rangkaian opersi ini dalam rangka mengamankan giat pemilu serentak untuk memilih presiden dan wakil presiden. Kemudian anggota legislatif baik tingkat pusat daerah, dan DPD," kata Gatot dalam sambutannya, Selasa (29/10).

Operasi ini telah dilakukan sejak 21 Oktober 2018 dan berakhir pada 22 Oktober 2019.

Baca juga: TNI AU Datangkan Dua Skuadron F-16 Viper Antara 2020 dan 2024

Gatot mengatakan, keseluruhan rangkaian operasi tersebut telah berjalan dengan baik dan lancar.

Gatot menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI-Polri yang telah bertugas selama setahun penuh guna kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu. Meski dalam pelaksanaannya banyak dijumpai tantangan.

"Saya ingin sampaikan ucapkan terima kasih apresiasi atas segala upaya, dedikasi, loyalitas para prajurit TNI Polri yang meluangkan waktu tenaga pikiran mereka. Bahkan ada yang meninggalkan keluarganya dari jauh untuk ke ibu kota untuk amankan ini," ujar Gatot.

Eko Margiyono mengungkapkan, operasi gabungan TNI-Polri ini merupakan bukti nyata antara kedua institusi keamanan negara mampu menjaga soliditas. Semua bahu membahu membantu keamanan penyelenggaraan pemilu.

"Di manapun Anda bertugas dan kembali ke tempat masing-masing tetap jaga soliditas TNI-Polri," ujar Eko.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf jika selama bertugas telah menyinggung perasaan para aparat.

"Kemudian untuk Brimob Nusantara dan Sabhara Nusantara, saya berharap Anda kembali dengan selamat dan sampaikan salam ke keluarga kalian," ujar Eko. (OL-2)

BERITA TERKAIT