29 October 2019, 12:45 WIB

Stam Mundur Setelah Feyenord Kalah Telak dari Ajax


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/Koen van Weel/ANP
 AFP/Koen van Weel/ANP
Jaap Stam

JAAP Stam mundur dari posisinya sebagai pelatih Feyenoord setelah klub Eredivisie itu menyerah 4-0 dari musuh bebuyutan mereka, Ajax. Hal itu diungkapkan mantan pemain Belanda itu, Senin (28/10).

Dalam sebuah pernyataan resmi, Stam mengatakan keputusannya itu tidak mudah setelah Feyenoord terpuruk di peringkat 12 klasemen sementara Eredivisie.

"Saya telah mempertimbangkannya dengan matang dan lama, keputusan terakhir saya adalah ini merupakan yang terbaik bagi klub, pemain, dan diri sendiri," ujar pelatih berusia 47 tahun itu.

Feyenoord di laman daring resmi mereka mengatakan mereka sebenarnya tidak menginginkan Stam mengundurkan diri.

"Pelatih mendapatkan dukungan kami dan para pemain ingin bekerja dengan dia. Namun, jika seseorang mengatakan, 'Saya tidak lagi mempercayai proyek ini dan tidak mau lagi berada di sini,' kami menghormatinya," imbuh Feyenoord.

Baca juga: Dest Putuskan Bela Timnas AS

Stam bermain sebanyak 67 kali untuk timnas Belanda. Dia memperkuat Manchester United tempat dia memenangkan empat gelar Liga Primer Inggris termasuk treble pada 1999 yang mencakup Liga Primer Inggris, Piala FA, dan Liga Champions.

Dia juga memenangkan gelar Eredivisie bersama PSV Eindhoven pada 1987 dan memenangkan gelar Coppa Italia bersama Lazio. Stam juga memperkuat AC Milan.

Namun, karier kepelatihannya kurang bersinar. Prestasi terbaik Stam adalah mengantarkan Reading mencapai babak playoff Divisi Championship pada 2017.

Sebelum pengunduran dirinya, Stam hanya memimpin Feyenoord membukukan tiga kemenangan di Eredivisie. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT