29 October 2019, 09:40 WIB

Sumpah Pemuda Refleksi Menuju Persatuan Bangsa


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Istimewa/DPR RI
 Istimewa/DPR RI
Anggota DPR RI Heri Gunawan. 

PERINGATAN Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 ini bertema 'Bersatu Kita Maju', sebuah tema yang merefleksikan persatuan bangsa. Menyatukan bangsa untuk maju suatu keniscayaan yang dihadapi bangsa Indonesia di tengah keragaman etnis, suku, dan agama. Bangsa ini masih menyisakan pekerjaan rumah berupa isu perpecahan yang dilandasi sentimen SARA.

“Peringatan Sumpah Pemuda ini tentu akan menjadi refleksi terbaik dalam memaknai perjalanan sejarah perjuangan rakyat Indonesia yang masih memiliki pekerjaan besar terkait intoleransi, serta isu-isu perpecahan antarsuku, ras, dan agama,” kata Anggota DPR RI Heri Gunawan dalam rilisnya, Senin (28/10/2019).

Menurut politikus Partai Gerindra itu, apa yang diikrarkan para pemuda 91 tahun lalu itu kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sumpah Pemuda bukan hanya menjadi agenda tahunan nasional semata yang diisi dengan logo, tema, maupun upacara tanpa mengedepankan makna dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Heri menyerukan agar para pemuda Indonesia memberi sumbangsih nyata bagi bangsanya berupa gagasan dan pemikiran bagaimana membangun bangsa ke depan. Pemuda, kata Heri adalah agen perubahan (agent of change).

“Bersatu kita maju, bersatu kita berikrar, bersatu kita bersumpah, satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa dalam balutan NKRI. Ayo, Pemuda Indonesia, kita lanjutkan bakti untuk negeri dengan bersatu kita pasti maju. Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-91,” tutup legislator dapil Jabar IV ini. (OL-09)

 

BERITA TERKAIT