29 October 2019, 09:35 WIB

Jokowi Tinjau Palu Setahun Pascagempa dan Tsunami


Damar Iradat | Nusantara

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Presiden Jokowi berdialog dengan pengungsi gempa di Universitas Darussalam, Maluku, Selasa (29/10). Jokowi kemudian akan bertolak ke Palu.

PRESIDEN Joko Widodo diagendakan meninjau sejumlah lokasi di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (29/10). Ini merupakan kunjungan perdana Jokowi ke Palu setahun pascabencana gempa dan tsunami menghantam wilayah tersebut.

"Setibanya di Bandara Mutiara SIS Al-Jufri, Kota Palu, Presiden Jokowi diagendakan menuju Kecamatan Tatanga untuk meninjau lokasi hunian tetap Duyu," kata Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini, Selasa (29/10).

Pada siang harinya, Jokowi akan meninjau lokasi hunian tetap Tondo di Kecamatan Mantikurore.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana dijadwalkan kembali ke Jakarta pada sore harinya.

Baca juga: Presiden Lanjutkan Kunjungan Kerja ke Ambon

Pagi tadi, Jokowi juga sempat mengunjungi Ambon, Maluku. Di sana, Jokowi juga meninjau langsung posko korban gempa Ambon, beberapa waktu lalu di Universitas Darussalam.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyempatkan diri berdialog dengan tokoh agama dan perwakilan masyarakat penyintas gempa dari Kabupaten Maluku Tengah.

Jokowi, sejak Sabtu (26/10) berkeliling wilayah Timur Indonesia. Ia memulai kunjungan kerjanya dengan menemui 3 ribu warga Pegunungan Arfak di lapangan bola Irai, Minggu (27/10).

"Tadi sudah disampaikan Pak Bupati, Pak Gubernur, mengenai yang pertama, jalan antara Manokwari dan Pegunungan Arfak yang tadi Pak Bupati menyampaikan minta segera diselesaikan dan diaspal. Maka kita segera selesaikan," kata Jokowi kemarin.

Selain itu, Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga menyempatkan diri menikmati senja di Kaimana. Ribuan masyarakat Kabupaten Kaimana tumpah ruah menyambut kedatangan Kepala Negara di Taman Kota.

Jokowi juga sempat mengunjungi Pasar Wouma di Wamena. Ia pun turut meresmikan Jembatan Holtekamp yang membentang di atas teluk Youtefa. (OL-2)

BERITA TERKAIT