29 October 2019, 10:55 WIB

Cara Tetap Produktif saat "Slow Day" di Kantor


Retno Hemawati | Weekend

AFP/HO/Microsoft
 AFP/HO/Microsoft
ilustrasi

SEBAGIAN besar dari kita tidak sering mengalami hari di mana kita sedang tidak punya banyak pekerjaan. Akan tetapi, sesekali hari tersebut datang. Ketika kita mengalami hari tersebut, itulah saatnya dimana kita harus menjadi ekstra produktif dan tetap bekerja. Masalah dari kesibukan bekerja terus menerus adalah bahwa kita kehilangan kesempatan untuk merencanakan dan menata. Sebaliknya, kita terjebak dalam siklus tanpa henti dalam mengejar ekor kita sendiri.

Lain kali jika Anda mengalami hari yang agak senggang, cobalah melakukan hal berikut yang dibagikan oleh JobStreet.com untuk tetap produktif.

1. Get organized
Anda tahu trilyunan email yang ada di inbox Anda? Inilah saatnya untuk memilah-milah email itu. Tatalah email tersebut kedalam folder-folder yang tepat, hapuslah junk mail, dan arsipkan email yang sudah dikerjakan.  Ketika Anda melakukannya, rapikan file di computer Anda juga. Hal ini tidak hanya akan memudahkan Anda, tapi juga akan menambah daya simpan dan mempercepat komputer Anda. Sangat mengejutkan betapa cepatnya file-file itu menumpuk!

2. Bersihkan meja 
Jika Anda seperti kebanyakan orang bekerja lainnya, Anda akan cenderung punya bermacam-macam kertas, majalah, and brosur yang menumpuk di atas meja. Kebanyakan benda tersebut akan mungkin tetap ditempatnya selama berbulan-bulan (bahkan bertahun-tahun). Ya, inilah kesempatan Anda untuk membersihkan meja Anda. Ini akan menjadi hampir seperti tempat kerja baru saat Anda selesai membersihkannya!

3. Membuat daftar yang harus dikerjakan
Merencanakan beban kerja Anda jauh-jauh hari adalah cara terbaik untuk melacak tugas-tugas Anda dan tetap mengutamakan yang terpenting. Manfaatkan hari santai Anda untuk membuat daftar pekerjaan Anda untuk minggu depan. Meninjau tugas-tugas Anda untuk minggu berikutnya juga membantu Anda bersiap-siap secara mental dan menjaga hal-hal berjalan dengan lancar.

4. Perbarui catatan pencapaian
Jika Anda belum punya, inilah saatnya untuk membuat buku harian untuk mencatat dan melacak pencapaian Anda selama ini. Hal ini tidak hanya berguna untuk review kinerja, akan tetapi juga dapat menjadi referensi yang berguna saat kita perlu untuk memperbarui resume di masa yang akan datang. Kita seringkali berjuang untuk mengingat tepatnya apa yang kita sudah capai selama bertahun –tahun; membuat daftar pencapaian tersebut secara berkala adalah pengingat yang baik akan sampai sejauh apa kita saat ini dari saat pertama kali kita memulai karier kita.

5. Belajar keterampilan baru
Proses belajar tidak akan berakhir, dan mempelajari sesuatu yang baru selalu bermanfaat untuk perkembangan personal kita sebagaimana untuk perusahaan. Hal ini juga tidak akan pernah terlalu mudah dengan spektrum platform belajar online yang luas dan tutorial gratis dari kami saat ini.

6. Tinjau perkembangan karier 
Membuat daftar kemajuan karier Anda itu penting. Evaluasi apa yang telah Anda pelajari dan capai sejak Anda memulai pekerjaan Anda saat ini dan refleksikan apakah Anda menuju kearah yang tepat. Jika Anda stagnan sepanjang jalan, saat ini akan menjadi saat yang baik untuk bertanya pada diri Anda sendiri penyebabnya dan mulai mendaftar tujuan-tujuan baru untuk kembali ke jalur yang benar. Selalu ada sesuatu yang produktif yang bisa kita lakukan saat ada jeda dalam hari kerja kita. (M-4)

BERITA TERKAIT