29 October 2019, 04:20 WIB

Hamilton Berjarak 4 Poin dari Gelar Juara


(AFP/Ykb/R-1) | Olahraga

PEDRO PARDO / AFP
 PEDRO PARDO / AFP
Pembalap tim Mercedes Lewis Hamilton

LEWIS Hamilton meraih kemenangan ke-10 di musim balap tahun ini atau yang ke-83 sepanjang kariernya di ajang ba­lap Formula 1, setelah menjadi yang tercepat di GP Meksiko, kemarin. Pembalap tim Mercedes itu membukukan waktu 1 jam 36 menit 48,904 detik untuk menyelesaikan balapan sepanjang 71 lap di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City.

Walau meraih podium ­utama di Meksiko, pembalap Inggris itu belum memastikan diri menjadi juara dunia tahun ini. Pasalnya, rekan setimnya di Mercedes, Valtteri Bottas, finis di posisi ketiga dan tetap berpeluang menggeser Hamilton di posisi puncak.  

Tambahan 25 poin GP Meksi­ko membuat Hamilton telah mengoleksi 363 poin, unggul 74 poin atas Bottas yang ada di posisi kedua. Untuk memastikan gelar juara dunia yang keenam dalam genggaman, Hamilton hanya butuh tambahan empat poin dari tiga seri tersisa.

“Hasil di Meksiko merupakan hasil yang luar biasa. Kami berpikir bahwa seri ini adalah seri yang sulit bagi kami, tapi ternyata kami mampu melakukannya,” ujar Hamilton seusai balapan.

Sukses Mercedes menempatkan dua pembalapnya di podium tidak lepas dari strategi jitu yang diterapkan tim berjuluk Silver Arrow tersebut. Di GP Meksiko, taktik satu pit stop yang diterapkan Mercedes berjalan mulus untuk mengantar Hamilton dan Bottas naik podium.  

Di sisi lain, hanya finis di posisi keempat setelah merebut pole position membuat Charles Leclerc kecewa. Pembalap tim Ferrari itu terpaut dua posisi dari rekan setimnya, Sebastian Vettel, yang finis di posisi kedua. “Saya pikir saya butuh kerja keras lebih dalam lomba, terutarama dalam strategi yang diterapkan tim. Saya ingin tim membuat keputusan yang tepat saat lomba,” jelasnya. (AFP/Ykb/R-1)

BERITA TERKAIT