28 October 2019, 19:25 WIB

Fintech Bakal Mobilisasi Dana Masyarakat


Faustinus Nua | Ekonomi

Dok.MI
 Dok.MI
Infografis perkembangan Fintech di Indonesia

CHIEF Economist Tanamduit Ferry Latuhihin mengungkapkan bahwa perkembangan financial technology (fintech) akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan. Menurutnya dengan adanya fintech dana masyarakat akan dimobilisasi dan dialihkannya ke sektor produktif.

"Fintech merupakan salah satu aspek dari financial depending, sehingga akan ada banyak alternatif orang menggulirkan investasi. Fintech berperan dengan memobilisasi dana dari masyarakat," katanya dalam acara media gathering dan diskusi "Menakar Arah Tim Ekonomi Kabinet Indonesia Maju" di Jakarta (28/10).

Dijelaskannya lebih lanjut bahwa dulu teknologi merupakan bagian eksternal dari sektor keuangan. Namun saat ini teknologi justru sudah menjadi bagian internal. Teknologi di sektor keuangan mampu menciptakan ekosistem digital yang masif.

Ke depannya, ia melanjutkan bahwa fintech akan menguasai pasar keuangan Indonesia. Seperti halnya yang terjadi di Tiongkok dimana masyarakatnya marak menggunakan fintech, Indonesia pun harus bisa cepat merespon keneradaan fontech.

"Dengan adanya fintech akan merubah semua. Pemerintah harus mensuport karena sesuai dengan kemauan pemerintah yakni finacial depending," lanjutnya.

Ferry juga menambahkan bahwa perkembangan fintech harus terus didukung. Pemerintah harus memberi stimulus sehingga makin banyak fintech yang akan mendukung perekonomian nasional.(OL-4)

BERITA TERKAIT