28 October 2019, 14:23 WIB

Pemuda Tuban Siap Jaga Kawasan Pesisir


Ahmad Yakub | Nusantara

MI/Ahmad Yakub
 MI/Ahmad Yakub
Upacara Sumpah Pemuda dilaksanakan di pesisir Pantai Tuban, Jawa Timur, Senin (28/10). 

PERINGATAN Hari Sumpah Pemuda dilakukan berbagai kalangan hari ini. Di Kabupaten Tuban, Jatim, Forum Bank Sampah Tuban (FBST) bersama Pemuda Guyub Rukun Karangsari Tuban menggelar apel peringatan Hari Sumpah Pemuda di Pantai Kelurahan Karangsari, Kota Tuban, Minggu (27/10) sore. Peringatan Sumpah Pemuda ini juga dirangkai dengan pencanangan Ecoberik pembangunan penahan gelombang di kawasan setempat. Acara ini dilanjutkan ikrar pemuda menjaga kawasan pesisir. Pemanfaatan sampah plastik menjadi Ecobrick merupakan sebuah inovasi pemuda binaan Pemkab setempat.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein bersama Kepala DLH dan Camat Tuban serta warga kelurahan Karangsari. Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Tuban meletakkan Ecobrick pertama untuk pembangunan penahan gelombang laut. Juga sebagai pencegah abrasi akibat ombak. Selain itu, juga dilakukan ikrar menjaga lingkungan oleh Pemuda Guyub Rukun Karangsari. Wakil Bupati juga  bertindak menjadi Pembina Apel. Menurut Wabup Noor Nahar Hussein, pemanfaatan sampah plastik menjadi Ecobrick merupakan sebuah inovasi yang sangat diperlukan untuk mengurangi limbah plastik.

"Kami sampaikan apresiasi atas upaya DLH, FBST, dan warga Karangsari yang telah menginisiasi kegiatan ini," ungkapnya.

Kelurahan Karangsari, kata dia, akan menjadi pilot project pengembangan Ecobrick dan upaya pengelolaan sampah lainnya. Guna mendukung upaya tersebut perlu digiatkan sosialisasi dan pendampingan. Sehingga Kelurahan Karangsari dapat menjadi percontohan wilayah lain di Kabupaten Tuban, Provinsi. Bahkan program ini diharapkan bisa menjadi percontohan di tingkat nasional.

Di samping itu, Pemkab Tuban juga akan memfasilitasi pengembangan FBST. Salah satunya dengan memberikan stand khusus di Rest Area maupun kegiatan pameran untuk sarana promosi produk-produk hasil karya FBST.

baca juga: Pulau-Pulau Terluar Kini Terang Benderang

Noor Nahar juga mendorong masyarakat agar mengembangkan kreatifitas untuk mendaur ulang sampah. Dengan demikian akan semakin meningkatkan nilai jual dan ekonomi dari produk yang dihasilkan. Sekaligus semakin memotivasi masyarakat agar menggalakkan daur ulang. Kepala DLH Kabupaten Tuban, Bambang Irawan menambahkan tujuan kegiatan ini mengajak masyarakat untuk meminimalisir sampah. Terutama, di pesisir pantai dan sungai Mangunjoyo.

"Tidak hanya itu, sebagai upaya meningkatkan kepedulian terhadap pengelolaan sampah agar tercipta lingkungan bersih, sehat, dan indah," pungkasnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT