28 October 2019, 13:56 WIB

Pemprov DKI Buka Lowongan CPNS untuk 2.998 Formasi


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
 ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Sejumlah peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel memperlihatkan kartu tesnya

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun ini. Kepala Dinas Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir mengatakan ada 2.998 formasi untuk CPNS.

"Di awal November targetnya (pembukaan CPNS)," ujar Chaidir di Jakarta, Senin (28/10).

Selain itu, Pemprov DKI juga telah mengajukan penerimaan 11.150 calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) dan 2.500 ASN tahun ini. Tenaga P3K yang diajukan, menurut Chaidir, untuk menampung pekerja kontrak atau honorer K2.

"Namun yang P3K ini tidak turun, yang diturunkan hanya formasi CPNS. Jadi lebih kurang jumlahnya akan turun menjadi 2.998 formasi," kata Chaidir.

Pembukaan CPNS menunggu pengumuman resmi dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) selaku panitia seleksi nasional.

Baca juga: Pemerintah Tunda Penerimaan CPNS Hingga Tahun 2020

Diketahui, pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuka rekruitmen pegawai dengan total formasi yang akan dibuka sebanyak 197.111.

"Dari 2.998 orang untuk mengisi tiga sektor, yakni pendidikan, kesehatan dan tenaga teknis administrasi lainnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Chaidir menyebut jumlah formasi CPNS 2019 yang disetujui Kemenpan-RB ternyata masih belum mencukupi kebutuhan pegawai di DKI. Menurutnya, ada 4.500 ASN DKI yang pensiun setiap tahunya.

"Untuk kekurangannya akan kami ajukan lagi tahun depan," tandasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT